www.INDONESIATRAVEL.NEWS, JAKARTA – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) saat ini dalam posisi stabil dan kompetitif. Kinerja BUMN tetap potensial sebagai mesin pendulang keuntungan. Selama 3 tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi), profit BUMN naik 30%. Posisi hutangnya juga aman, yaitu hanya 6,29% dari aset.

Rapor positif terus dibukukan BUMN di era kepemimpinan Jokowi. Menggunakan ilustrasi empat bank BUMN, laba bersih Rp17,61 Triliun mampu dihasilkan sepanjang kuartal pertama 2018. Jumlah ini naik 20,96% dari periode sama tahun 2016 yang ada di level Rp14,55 Triliun. Kompetensi ini disumbangkan oleh Bank Rakyat Indonesia, Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia, dan Bank Tabungan Negara.

“Jadi kinerja BUMN masih dipertanyakan? BUMN sekarang ini justru dalam keadaan sehat. Kinerjanya terus membaik bahkan menjadi sangat positif pada era kepemimpinan Pak Jokowi,” jelas Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, kemarin.

Penjelasan mantan Panglima TNI tersebut bukan tanpa dasar. Semuanya berbasis fakta, berupa data-data valid. Berdasarkan laporan Kementerian BUMN, profit naik 30% dalam 3 tahun terakhir. Sepanjang 2017, BUMN melalui 143 perusahaannya mendapatkan keuntungan Rp187 Triliun. Jumlah tersebut pun surplus Rp44 Triliun. Pada akhir 2014, keuntungan BUMN berada di grid Rp143 Triliun.

“BUMN sangat kompetitif. Semuanya tumbuh setiap tahun. Keuntungan yang didapatkan oleh BUMN dalam tiga tahun terakhir naik cukup signifikan. Total keuntungan tahun 2017 kemarin sampai Rp187 Triliun. Ini jumlah angka yang besar,” kata Moeldoko.

Lalu, bagaimana dengan aset BUMN? Di bawah kepemimpinan Jokowi, perusahaan plat merah tersebut mengalami pertumbuhan aset hingga 60% hingga 2017. Pertumbuhan asetnya surplus Rp2.700 Triliun dalam tiga tahun terakhir. Sebab, pada 2017 jumlah total aset yang dimiliki BUMN berjumlah Rp7.200 Triliun. Bandingkan tiga tahun lalu, aset BUMN ini berada di level Rp4.500 Triliun pada 2014.

Memiliki aset Rp7.200 Triliun pada 2017, jumlah itu juga naik Rp875 Triliun dari tahun sebelumnya. Sebab, aset BUMN berada di slot Rp6.325 Triliun pada 2016. “Nilai aset BUMN saat ini tumbuh sangat besar. Apresiasi harus diberikan bagi Kementerian BUMN yang sudah bekerja keras untuk membuat perusahaannya menjadi kompetitif. Kompetitif sebagai penggerak ekonomi,” ujar Moeldoko.

Meledaknya keuntungan BUMN pun berbanding lurus dengan penyusutan kerugian. Pada 2017 lalu, hanya 12 BUMN saja yang rapornya merah. Padahal pada 2016, jumlah rapor minor masih dimiliki 26 BUMN. Bila diuangkan, jumlah kerugian 12 BUMN tersebut mengecil mejadi Rp5,2 Triliun. Penyusutan kerugian memang tipis, lantaran pada 2016 berada di angka Rp6,7 Triliun.

“Sebenarnya tidak ada masalah. Keuntungan global besertanya asetanya tumbuh sangat signifikan. Ini tentu capaian luar biasa. Memang ada beberapa BUMN yang masih terseok-seok. Namun, semuanya ini sudah dievaluasi dan perbaikan sudah dilakukan terhadapnya. Kami optimistis, tahun ini semua akan lebih kompetitif,” tegasnya.

Derasnya arus inkam yang masuk pun membuat posisi hutang luar negeri BUMN aman. Mengacu data dari Kementerian BUMN, beban hutan luar negeri perusahaannya sekitar Rp453 Triliun. Jumlah tersebut hanya 10% dari total hutan luar negeri keseluruhan. Dengan aset besar hingga Rp7.200 Triliun dan nilai keuntungan kompetitif, risiko gagal bayar pun akan jauh dari BUMN.

“Tidak ada masalah dengan posisi hutang luar negeri dari BUMN. Semuanya ini sudah dikalkulasikan dengan bagus. Posisi hutang semuanya aman dan bisa terselesaikan dengan baik,” ujarnya.

Hutang luar negeri BUMN memang mencapai Rp453 Triliun atau 6,29% dari aset. Namun, anggaran tersebut digunakan untuk hal-hal produktif. Dana pinjaman yang masuk digunakan untuk pembiayaan infrastruktur tol, bandara, pelabuhan, dan IPP. Selain berbagai keuntungan jangka panjang, pembangunan infrastruktur juga bisa memiliki nilai “multiplier effect” yang besar bagi masyarakat.

“Langkah-langkah strategis yang dilakukan oleh BUMN sudah tepat. Mereka juga sangat memikirkan kemanfaatan secara ekonomi yang lebih luas bagi masyarakat. Pada akhirnya masyarakat ini yang sejahtera,” tutupnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here