INDONESIATRAVEL.NEWS– Anda Sport Addict? Atau punya jiwa petualang? Silakan langkahkan kaki Anda ke Sumatera Barat (Sumbar). Ada Minang Geopark Run yang bisa dinikmati 28 Oktober 2018.

Yang suka petualangan, dijamin happy deh. Dijamin nggak bikin boring. Para
peserta akan dibawa mengeksplorasi kawasan Geopark Ngarai Sianok yang indah. Semua akan diajak untuk menyaksikan bentangan alam yang sempurna. Lembah ini memiliki tebing-tebing yang diselimuti oleh hutan yang hijau. Luasnya yang hingga puluhan kilometer, akan membuat decak kagum yang tak henti.

Sepanjang mata memandang, lembah ini sangat menawan. Di sisi kirinya terdapat tebing-tebing tandus, hutan serta sungai kecil yang jernih. Di bagian kanannya, terdapat deretan persawahan nan hijau. Belum lagi nuansa perkampungan masyarakat yang sulit dicari di tempat lain.

“Bukan cuma mengekplorasi alamnya saja. Semua juga akan dibawa menembus keindahaan budaya Ranah Minang yang memukau. Ini akan menjadi sebuah event menarik. Karena bukan sekedar ajang olahraga tetapi lebih menjadi sebuah petualangan,” ujar Deputi Bidang Hubungan Lembaga dan Industri Pariwisata Kemenpar, Rizki Handayani Mustafa, Senin (17/9).

Jaminan keseruan event juga hadir dari deretan unsur pentahelix yang berkolaborasi di dalamnya. Ada Dinas Pariwisata Sumbar yang ikut mem-backup up. Juga Panitia Penyelenggara 100 Tahun ITB dan Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia (PTTI). Event-nya pun didukung Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

“Ini sekaligus strategi untuk mempromosikan potensi pariwisata Sumbar. Di sana ada sepuluh geopark membentang di sepanjang jalur Bukit Barisan. Salah satunya akan dicanangkan menjadi UNESCO Global Geopark (UGG),” kata Rizki.

Nah, bagi yang ingin ambil bagian, silakan. Pilih kategori lomba yang Anda suka. Daripemula hingga profesional, semua ada.

Kategorinya dimulai dari 5 km (5K Fun Run), 10 km (10K), dan 21,5 km (21K). Pemenang 10K dan 21K nantinyaakan diganjar dengan hadiah berupa uang tunai. Sedangkan yang finishing di kategori 5K Fun Run akan mendapat door prize

“Sehari sebelum Minang Geopark Run berlangsung, kami mengadakan agenda eksebisi berupa lari sejauh 70 km. Ada lima pelari ultra marathon terpilih yang didampingi pelari lokal untuk menempuh medan dari Kelok Sembilan menuju Lembah Sumbar Harau, lalu Ngarai Sianok dan akan finish di Jam Gadang Bukittinggi,” timpal Yv Tri Saputra, Direktur Eksekutif Panitia Penyelenggara Peringatan 1 Abad ITB.

Tri menambahkan, pihaknya menargetkan ada seribu pelari yang akan tampil pada akhir bulan depan. Sejauh ini, sudah ada 200 orang yang mendaftar. “Kami optimis ini akan menjadi bentuk promosi positif bagi pariwisata Sumbar,” pungkasnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik penyelenggaraan Minang Geopark Run tersebut. Terlebih lagi digelar dengan spirit Indonesia Incorporated. Dengan menggandeng unsur pentahelix.

“Ini merupakan bukti konkrit spirit Indonesia Incorporated. Semua bersatu untuk memajukan pariwisata Indonesia,” ujar Menpar Arief yahya.

Pria asal Banyuwangi itu juga mengatakan, gelaran sport tourism tersebut merupakan langkah tepat untuk mendongkrak serta mempromosikan pariwisata Sumbar.

“Event sport tourism mempunyai nilai pemberitaan (news value) yang tinggi sehingga menjadi sarana promosi efektif serta memberikan dampak langsung (direct impact) pada ekonomi masyarakat termasuk pula mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di daerah,” ungkapnya.

Menpar juga mengatakan, dengan brand Minang Geopark Run maka akan lebih mudah mempromosikan Sumbar yang memiliki 9 geopark side kelas dunia. Benchmarknya adalah Jepang dan China. Mereka gencar mem-branding pariwisata mereka dengan World Heritage dan UNESCO Global Geopark (UGG).

“Brand Minang Geopark akan mudah kita tawarkan kepada wisman. Itu yang juga dilakukan oleh Jepang dan China dengan brand geopark mereka. Saya yakin gelaran sport tourism ini akan mendatangkan banyak wisatawan, seperti halnya Sumbar yang telah 9 kali menyelenggarakan event Tour de Singkarak (TdS),” pungkas Menpar Arief Yahya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here