SERANG – Mudik ke Serang menjadi waktu yang tepat untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata yang ada di daerah ini. Selain Pantai Anyer yang memang sudah sangat terkenal, Anda juga bisa berwisata ke beberapa bangunan bersejarah yang masih terpelihara hingga sekarang.

“Serang adalah salah satu kota yang masuk dalam wilayah Provinsi Banten. Daerah ini memiliki pesona alam yang luar biasa. Sebagian potensi wisata masih tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui keindahan tempat ini,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Karena itu, melalui #PesonaMudik2019, Menpar Arief berharap masyarakat bisa lebih mengenal Kota Serang. Ada banyak destinasi menarik yang sayang jika dilewatkan. Penasan? Di bawah ini kami ulas 10 objek wisata unggulan Kota Serang!

1. Rumah Hutan Cidampit

Sesuai dengan namanya, Rumah Hutan Cidampit terdapat aneka pondok kayu yang dibangun dengan cantik di kawasan Hutan Gunung Sayar, Kampung Cidampit. Dulu, kawasan ini dikenal sebagai tempat angker. Seiring berjalannya waktu, sekarang kawasan tersebut justru menjadi tempat wisata favorit keluarga. Hutan yang dirawat dengan baik seolah menjadi penyejuk di tengah padatnya Kota Serang.

2. Pantai Anyer

Pantai ini sudah sangat terkenal keindahannya. Ini memang menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika mudik ke Kota Serang. Pantai Anyer sendiri tidak hanya satu, tetapi merupakan jajaran pantai yang membentang di sepanjang garis perbatasan Kota Serang sisi barat laut. Deretan Pantai Anyer ini bisa jadi tempat yang pas untuk berburu pemandangan senja yang indah di ujung barat Pulau Jawa.

3. Pantai Sambolo

Pantai Sambolo merupakan objek wisata yang pas untuk Anda dan keluarga menghabiskan waktu liburan ataupun masa mudik kali ini. Pantai Sambolo terletak di lokasi yang strategis dan tidak terlalu jauh diakses dari Jakarta. Lokasi Pantai Sambolo masih berada di kawasan Pantai Anyer. Tidak begitu jauh dari pintu keluar tol Cilegon Barat yang hanya setengah jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

4. Pulau Sangiang

Taman Wisata Alam Pulau Sangiang sangat istimewa dalam menyajikan pemandangan alam yang menawan. Untuk menuju Pulai Sangiang, pengunjung bisa menggunakan perahu motor kurang lebih 1 jam dari Pelabuhan Anyer. Pulau Sangiang masih sangat asri. Keindahan pasir putih dan lembut bisa ditemukan di sini. Pengunjung bisa kemah di pinggir pantai, treking hutan, sampai berkunjung ke goa kelelawar.

5. Pulau Tunda

Pulau Tunda memiliki pemandangan laut yang indah dan berwarna biru. Daya tarik utama pulau ini adalah keindahan bawah lautnya yang sangat istimewa. Sangat tepat untuk kegiatan snorkeling ataupun diving. Untuk menuju Pulau Tunda bisa melalui dermaga di Pelabuhan Karangantu.

6. Danau Tasikardi

Danau buatan ini merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang ada di Serang. Di sini, pengunjung bisa menemukan peninggalan kerajaan Banten. Nama Danau Tasikardi sendiri berasal dari 2 kata bahasa Sunda, yakni Tasik dan Ardi. Konon, Danau Tasikardi dibuat saat pemerintahan Panembahan Maulana Yusuf yang merupakan sultan kedua dari Kasultanan Banten. Menurut sejarah, dasar dari Danau Tasikardi adalah ubin batu bata

7. Curug Cigumawang

Serang ternyata juga mempunyai beberapa wisata air terjun yang tidak kalah indah. Salah satunya yaitu Curug Cigumawang. Curug dengan ketinggian 40 meter ini menyajikan pemandangan pancaran air terjun yang spektakuler. Dikelilingi oleh area hutan dan bebatuan, tempat ini sering dijadikan lokasi perkemahan hingga panjat tebing.

8. Benteng Speelwijck

Benteng Speelwijk merupakan peninggalan penjajah Belanda untuk menghadapi serangan rakyat Banten. Dikelilingi oleh parit selebar 10 meter, benteng ini masih menyisakan keperkasaannya. Pada setiap sudut bangunan terdapat menara pengintai yang bisa langsung melihat ke arah Kota Banten Lama. Saat ini, hanya ada satu menara pengintai yang masih tersisa.

9. Masjid Agung Banten

Ini adalah salah satu masjid tertua di Indonesia. Masjid ini dibangun tahun 1556 oleh Sultan Maulana Hasanuddin, putra pertama Sunan Gunung Jati. Masjid Agung Banten selalu ramai peziarah. Baik dari Banten maupun luar daerah. Salah satu keunikan masjid ini adalah menara yang mirip dengan mercusuar. Menara ini menjadi ikon utama Provinsi Banten.

10. Pulau Lima

Pulau Lima bisa diakses melalui pelabuhan Karangwatu, kurang lebih 20 menit perjalanan laut. Banyak kegiatan menarik bisa Anda lakukan di sini. Antara lain camping, snorkeling, naik banana boat, ataupun memancing. Di sini juga banyak gazebo yang menarik dan sangat asik untuk berteduh. Anda bisa menikmati pantai yang indah dari gazebo ini.(***)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here