INDONESIATRAVEL.NEWS, BANYUWANGI – Dukungan penuh diberikan maskapai penerbangan Citilink ke pariwisata Banyuwangi. Untuk mendongkrak angka kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada low season, Citilink menebar promo besar. Wisatawan dapat terbang dari Kuala Lumpur, Malaysia, ke Banyuwangi cuma dengan membayar Rp 250 ribu.

Menurut Perwakilan Citilink Banyuwangi Dadang Teguh Setiawan, promo ini juga berlaku untuk penerbangan sebaliknya, Banyuwangi-Kuala Lumpur. Promo ini mulai berlaku sejak, Rabu (23/1/2019), hingga Maret mendatang. Dengan demikian tiket liburan wisman Malaysia pergi-pulang hanya Rp 500 ribu.

“Ini merupakan strategi kami untuk meningkatkan okupansi pada saat low season seperti ini. Lewat promo tersebut diharapkan okupansi penumpang mencapai 80 persen lebih,” ujarnya.

Dadang menambahkan, selain lewat promo tiket, peningkatan okupansi penumpang juga didukung program Wonderful Banyuwangi Hot Deals yang diluncurkan Pemkab Banyuwangi. Program ini juga didukung oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar)

Program ini diyakini akan banyak mendulang wisatawan. Pasalnya harga yang ditawarkan sangat memikat. Dalam program ini, wisatawan hanya perlu membayar 995 MYR (Ringgit Malaysia) atau berkisar Rp 3,8 juta untuk mendapatkan paket wisata berlibur ke Banyuwangi. Biaya tersebut sudah termasuk tiket Kuala Lumpur-Banyuwangi pergi-pulang yang dilayani Citilink, serta menginap dua malam di sejumlah hotel berbintang di Banyuwangi. Selain itu wisatawan juga mendapat transportasi lokal, menikmati sejumlah destinasi wisata, hingga berkuliner.

“Kami selalu mendukung program pemerintah. Kami berharap dengan program kita ini semakin meningkatkan wisatawan ke Banyuwangi,” pungkasnya.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terus berupaya melakukan promosi untuk meningkatkan kunjungan wisata.

“Ini juga bagian dari upaya promosi Banyuwangi dan Citilink untuk menggenjot wisatawan Malaysia untuk mengunjungi Banyuwangi,” ujarnya.

Sementara itu Deputi Bidang Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani Mustafa mengungkapkan, berbagai program yang dilancarkan merupakan spirit Indonesia Incorporated bagi pariwisata Indonesia. Rizki pun sangat mendukung program yang dilakukan oleh Citilink. Bahkan Kemenpar telah melakukan serangkaian program untuk memperkuat poros penerbangan tersebut. Dari mulai famtrip, Product Briefing, serta Table Top dirilis sekaligus pada 13-18 Januari 2019.

“Poros Banyuwangi-Malaysia menjadi fokus kami. Potensi yang dimiliki Banyuwangi ini sangat besar. Pertumbuhan pariwisata di sana juga sangat bagus. Konsep joint promotion jadi komitmen Kemenpar. Kami mendukung upaya Citilink yang membangun konektivitas Banyuwangi-Malaysia,” ungkap Rizki yang diamini oleh Asisten Deputi Pemasaran I Regional II Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Adella Raung.

Program lain pun saat ini terus dirancang untuk memperkuat poros tersebut. Program sales mission di Malaysia berlabel Wonderful Indonesia Fair with Citilink pun siap digeber pada Februari 2019. Selanjutnya ada Banyuwangi Cultural Week yang siap dilaksanakan pada Maret 2019. Event ini diisi dengan video promotion, games, coffee, dan doorprize. Bahkan juga akan melibatkan artis Malaysia untuk memperkuat promosi.

“Sinergi Kemenpar dengan Citilink akan terus berjalan guna menaikan kunjungan wisman. Beragam dukungan ini juga diharapkan menaikan pariwisata Banyuwangi dan sekaligus juga keuntungan bagi Citilink,” tegas Asisten Deputi Pemasaran I Regional II Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Adella Raung.

Dukungan juga diberikan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Menurutnya strategi mendongkrak angka kunjungan wisman menjadi mudah dengan dukungan semua pihak, termasuk maskapai penerbangan.

Apa yang dilakukan Citilink merupakan langkah konkrit untuk menunjang pariwisata Indonesia. Dan ini bukanlah program banting harga, tapi bertujuan menggunakan kapasitas yang harusnya tidak terpakai (idle capacity) menjadi hal yang bermanfaat. Apalagi ini masa low season,” tukas Menpar Arief Yahya.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here