INDONESIATRAVEL.NEWS-Tahun ini  #PesonaMudik2018 ke mana guys? Mengunjungi handai taulan di Jepara? Yuk sempatkan waktu kunjungi berbagai destinasi andalan Kabupaten.

Sebagai salah satu kota tersohor di Jawa Tengah, Jepara menyimpan banyak  kekayaan alam yang dikelola menjadi wisata lokasi wisata. Tak hanya  wisata alam,  Jepara juga terkenal dengan wisata sejarah.  Tokoh besar pejuang emansipasi wanita R.A Kartini dilahirkan di tempat ini.

“Terkenal dengan seni ukir yang tiada duanya, nama Jepara sudah mendunia. Keunggulan inilah yang membuat banyak para wisatawan merekomendasikan wilayah ini sebagai salah tujuan yang wajib dikunjungi di Jawa Tengah,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya, Minggu (3/6).

Berikut #10TopDestinasiWisataJepara yang wajib anda kunjungi saat mudik ke Jepara.

Karimun Jawa

Ini adalah  wisata andalan di Kabupaten Jepara. Berada di laut Jawa, pulau yang secara administrasi masuk kabupaten Jepara ini  menygyhkan pesona wisata taman laut. Jaraknya sekitar 83 kilometer dari pelabuhan Kartini Jepara, dengan waktu tempuh 3-4 jam menggunakan kapal feri.

Berbagai wisata alam pun ada disini. Mulai dari wisata pantai, keindahan  bawah laut, perbukitan hingga taman mangrove. Tak jarang para wisatawan yang datang ke Karimun Jawa menginap dua hari untuk dapat mencicipi semua wisata alam di pulau eksotis ini.

Pantai Kartini

Sebagai kota kelahiran pahlawan Indonesia RA Kartini, tak lengkap memang jika tidak sampai di pantai Kartini. Pantai Kartini merupakan objek wisata yang sangat terkenal di Jepara selain Karimun Jawa. Nggak hanya menawarkan pemandangan pantai yang indah dan menjadi spot sempurna untuk menikmati matahari tenggelam, Pantai Kartini juga memiliki banyak wahana  dan atraksi  permainan menarik yang sudah pasti disukai anak-anak.

Lokasi pantai Kartini terletak diantara Pulau Karimun Jawa dan Pulau Panjang. Tepatnya di desa Bulu kecamatan Jepara sekitar 2,5 kilometer ke arah barat dari kantor bupati Jepara.

Pantai Teluk Awur

Di sini pengunjung bisa untuk bermain air laut sepuasnya. Lokasi pantai Teluk Awur hanya berjarak 4 kilometer dari pusat kota  Jepara,tepatnya di Desa Telukawur Tahunan.

Tak hanya pesona air laut yang  tenang dan pasir putih bersih, di sini juga terdapat wisata hutan Mangrove  yang siap dijelajahi.

Pantai Tirto Samodro

Pantai Tirto Samodro lebih dikenal dengan pantai Bandengan. Itu karena lokasinya yang ada di desa Bandengan, Kecamatan jepara. Pantai ini juga memiliki nama lain yakni Klein Scheveningen yang merupakan nama pemberian Ny. Ovink Soer  salah satu teman baik R.A Kartini dari Belanda.

Di Pantai Tirto Samodro ini sering diselenggarakan berbagai festival  nasional, seperti festival layang-layang dan pelrombaan motocross.  Karena lokasinya yang cukup strategis, membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama saar akhir pekan atau libur panjang.

Air Terjun Jurang Nganten

Puas bermain air di pantai, kini saaatnya kita bermain air dari air yang  jatuh dari ketinggian, Air Terjun Jurang Manten. Di namakan Jurang Nganten karena konon dulu ada sepasang pengantin yang tidak direstui oleh kedua orangtua namun mereka memaksakan diri untuk tetap melanjutkan pernikahan.

Air Terjun ini setinggi setinggi lebih dari 30 meter ini berada sekitar 20 kilometer dari jantung kota Jepara. Lokasi ini menawarkan suasana yang sejuk dan tenang. Kamu pasti betah berlama-lama berada ditempat ini. Karena berada di daerah lembah, pengunjung yang datang harus melalui medan yang cukup sulit sebelum dapat menyaksikan langsung keindahannya.

Air Terjun Songgo Langit

Masih soal destinasi wisata air terjun.  Air Terjun Songgo Langit juga menjadi salah satu lokasi wisata berhawa sejuk paling direkomendasi di Jepara. Dalam bahasa Jawa , nama Songgo Langit memiliki arti penyangga langit.  Itu karena air terjun ini tampak lurus ke atas seolah menyangga langit

Air Terjun ini ada di Kecamatan Kembang, Jepara, persisnya di Dukuh Nglencer, Desa Bucu.  Tingginya sekitar 80 meter dan lebar sekitar dua meter. Selain pesona wisata air terjun dan udara sejuk khas lembah, Air Terjun Songgo Langit memiliki keunikan yakni banyaknya kupu-kupu indah yang terbang disekitar air terjun.

Tapi jangan sekali-kali mencoba bermain air dibawah derasnya air terjun. Pasalnya terdapat palung sedalam delapan meter yang dapat membuat siapapu terjebak di dalamnya.

Gua Tritip

Jepara memiliki beragam destinasi wisata. Selain wisata laut, pegunungan dan sejarah, Jepara juga memiliki beberapa wisata bawah tanah yakni Gua Tirip.

Gua Tritip terletak di Desa Ujungwatu, Kecamatan Donorojo yang berada di sebelah utara pusat Kabupaten Jepara. Untuk menuju ke Gua Tritip sangatlah mudah karena sudah didukung akses yang memadai. Kamu bisa sampai ke lokasi ini dengan mobil pribadi atau menggunakan angkutan umum.

Gua Tritip dipercaya sebagai petilasan Mbah Joyo Kusumo yang konon pernah bertapa di gua ini. Hingga kini penduduk sekitar masih sering menyediakan sesajen berupa wedang gula dan wedang kopi setiap

Gua Manik

Ada dua nama Manik yang digunakan untuk destinasi wisata di Jepara, yakni  Gua Manik dan Pantai Gua Manik. Kedua objek wisata ini lokasinya pun berbeda. Gua Manik berada sekiat lima kilometer dari objek wisata  Air Terjun Songgo Langit.  Tepatnya di Desa Sumanding, Kecamatan Kembang. Lokasinya pun cukup sulit dilalui. Kamu harus ekstra hati-hati karena medannya yang sangat licin dan terjal.

Museum RA Kartini

Usai lelah mengunjungi berbagai destinasi wisata alam air terjun, gua dan pantai, saatnya menambah mengenal lebih dekat sosok pejuang wanita R.A Kartini. Kamu bisa datang ke Museum R.A Kartini yang berada di jalan Alun-Alun No.01 Panggang, Kecamatan Jepara.

Meski didediaksikan untuk R.A Kartini namun tidak semua  barang koleksi merupakan peninggalan dari Raden Ajeng Kartini, ada juga koleksi benda purbakala dan peninggalan sejarah lainnya.

Ruang museum dibagi menjadi empat bagian, di ruang pertama banyak benda peninggalan sejarah R.A Kartini dan sang kakak Sosro Kartono. Ruang kedua merupakan tempat khusus untuk emmajang peninggalan dari Sosro Kartono. Ruang ketiga pengunjung dapat meilhat benda-benda kerajinan bersejarah di sekitar Kabupaten Jepara. Di ruang keempat, tersimpan denagn rapi tulang belulang dari ikan Joko Tua yang konon merupakan ikan jenis paus gajah yang ditemukan di perairan sekitar Karimun Jawa.

Museum Ukir Nusantara

Kalau mau tambah pengetahuan mengenai ukiran Jepara yang tersohor, tempat ini paling pas untuk dikunjungi. Di Museum Ukir Nusantara juga terdapat banyak barang  peninggalan zaman Hindia Belanda

Museum yang dibangun di atas gudang SMPN 6 Jepara ini terletak di jalan Kartini No.40 Panggang, kecamatanJepara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here