INDONESIATRAVEL.NEWS– Untuk ketiga kalinya, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rusia dan Wonderful Indonesia menggelar Festival Indonesia (FI). Event ini diselenggarakan 3-5 Agustus 2018, di Moskow, Rusia.

Event bertajuk ‘Visit Wonderful Indonesia: Explore our Regions’, disambut meriah warga Moskow. Pada hari pertama, ribuan pengunjung langsung memadati area FI.

Menurut Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, M Wahid Supriyadi, antusiasme pengunjung sangat tinggi. Hal itu terlihat dari penjualan sejumlah barang dagangan, padahal acara belum resmi dibuka.

“Kalau dilihat dari antusiasme, saya tadi sudah berkeliling dan ternyata beberapa daerah barang daganganya sudah habis. Padahal tadi acara belum dibuka,” tutur Wahid, Sabtu (4/8).

Antusiasme tersebut tentu sangatlah wajar. Pasalnya event tersebut terkonsep sangat matang. Berbagai pergelaran seni dan budaya dari berbagai daerah Indonesia turut dihadirkan. Mulai dari lagu, tarian dan permainan alat musik tradisional. Semua menjadi magnet tersendiri pada gelaran tersebut.

Pagelaran wayang kulit dan gamelan, kelas tari dan alat musik tradisional benar-benar menunjukkan tajinya. Workshop batik, kelas Bahasa Indonesia, peragaan busana, kelas memasak hingga peragaan pencak silat tampil tampil begitu memukau.

Selain itu, ada juga prosesi upacara pernikahan adat, simulasi selancar dan menyelam, serta pelayanan informasi tentang Indonesia. Seolah semua itu tercipta untuk saling melengkapi.

“Pemerintah Moskow sangat senang dan mendukung sekali acara ini. FI bahkan sudah menjadi ikon dan masuk pada kalender acara tahunan Kota Moskow. Itulah sebabnya, Pemerintah Kota Moskow memberikan taman seluas 16,5 hektare ini secara gratis,” ujar Wahid.

Tidak hanya itu, FI juga menampilkan berbagai produk unggulan Indonesia seperti kopi, pakaian, aksesoris, minyak kelapa sawit, kerajinan-kerajinan dan kuliner nusantara.

Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva pun memuji keberhasilan penyelenggaraan FI. Bahkan dirinya selalu hadir di perhelatan tersebut setiap tahunnya.

“Acara ini sangat mengagumkan. Ini ketiga kalinya saya menghadiri acara ini. Namun memang baru kali ini dalam kapasitas saya sebagai Duta Besar. Untuk itu, saya memuji KBRI Moskow, khususnya Bapak Wahid Supriyadi, atas keberhasilan penyelenggaraan acara ini,” ungkap Lyudmila.

Pujian lain terhadap keberhasilan event tersebut juga datang dari para pengunjung. Ilya misalnya, ia mengatakan FI merupakan festival yang paling positif yang pernah ada di Moskow.

“Ini adalah festival yang paling positif , karena di Moskow jarang ada festival yang memungkinkan anda berkenalan dengan budaya sebuah negara. Namun di sini, anda dapat berkenalan tidak hanya dengan makananya saja, tapi juga dengan kebudayaan, dan melihat perwakilan orang-orang yang mewakili berbagai daerah. Itu sangatlah keren,” aku Ilya.

Untuk diketahui tahun ini KBRI Moskow menargetkan 120 ribu pengunjung. Sementara, dua tahun sebelumnya, FI 2017 dan FI 2016 yang diselenggarakan di Hermitage Garden, masing-masing dihadiri sebanyak 91 ribu dan 68 ribu pengunjung.

Menteri Pariwisata Arief sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan KBRI Moskow tersebut. Menurutnya ini merupakan sinergi positif untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Tak lupa Menpar pun mengucapkan terimakasih atas peran serta KBRI Moskow.

“Ini namanya Indonesia Incorporated. Semua pihak bahu membahu membangun sektor pariwisata. Festival Indonesia di Moskow ini semakin mengangkat seni budaya serta pariwisata Indonesia. Saya yakin hasilnya akan sangat positif untuk mendongkrak wisatawan asal Rusia. Terimakasih KBRI Moskow. Terimakasih Pak Dubes Wahid,” ujar Menpar Arief Yahya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here