TANGERANG – Kota Tangerang merupakan kota otonom di Provinsi Banten yang berbatasan dengan DKI Jakarta. Meski jarang terekspose, Tangerang ternyata memiliki sejumlah tempat wisata yang tak kalah menarik. Destinasinya bisa dikunjungi dalam #PesonaDestinasiLebaran2019.

Seperti kabupaten di Banten lainnya, Tangerang juga punya ciri khas pada tempat wisatanya. Tak salah jika Tangerang dikunjungi dalam #PesonaMudik2019.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, juga meminta semua pihak menjaga destinasi, budaya dan alam. Menurutnya, setiap daerah harus terus mengedepankan konsep 3A untuk mengembangkan pariwisata

“Semakin meningkatnya pariwisata di satu daerah, akan meningkatkan kunjungan wisata. Sehingga, akan memberikan dampak langsung terhadap perekonomian masyarakat. Termasuk juga di Tangerang,” ujarnya.

Menpar Arief Yahya juga mengatakan, di Banten sendiri punya destinasi wisata yang banyak dan menarik, termasuk Tengerang. Semuanya dapat dijadikan sebagai lokasi liburan yang pas untuk seluruh keluarga saat liburan #PesonaMudik2019.

“Jangan dikira tempat wisata di Banten yang bagus hanya di Tanjung Lesung. Masih banyak destinasi indah di daerah lainnya. Salah satunya ya di Tangerang ini. Selain pemandangan alamnya yang luar biasa, juga sangat cocok untuk liburan keluarga,” ujar Menpar Arief Yahya.

Berikut ulasan #Top10DestinasiLebaran di Tangerang yang bisa dinikmati dalam #PesonaMudik2019 :

Scientia Square Park

Terletak di Jl. Scientia Boulevard Gading Serpong, Tangerang, destinasi wisata Scientia Square Park sangatlah mudah dijangkau. Dengan konsep taman terbuka, tempat wisata di Tangerang ini menawarkan banyak spot maupun aktivitas menarik. Beberapa di antaranya adalah memberi makan ikan koi, jogging, wall climbing, yoga, inline skate, dan berbagai aktivitas outdoor lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa mengajak si kecil untuk berinteraksi langsung dengan kupu-kupu berwarna-warni yang banyak ditemukan di area The Metamorphosis of Butterfly. Sembari menemani anak bermain dan mengeksplorasi lingkungan sekitar, Anda bisa bersantai sejenak di Universe Amphitheater. Di sini, tersedia tempat duduk berupa lantai kayu yang artistik dan bantal-bantal besar berwarna hijau.

Tempat wisata di Tangerang ini sangat tepat jika Anda berencana mengajak anggota keluarga untuk piknik di lapangan terbuka sambil menikmati kebersamaan. Scientia Square Park terbuka untuk umum, mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB setiap hari.

Museum Benteng Heritage

Bagi Anda yang menyukai objek wisata sejarah, jangan lupa berkunjung ke Museum Benteng Heritage di Tangerang. Museum ini merupakan sebuah gedung yang dibangun pada abad ke-17 dengan sentuhan arsitektur tradisional Tionghoa. Museum yang berlokasi di Jl. Cilame No. 20, Pasar Lama ini merupakan salah satu bangunan yang paling tua di Kota Tangerang.

Ada banyak hal menarik yang bisa disaksikan di tempat wisata di Tangerang ini, khususnya sejarah etnik Tionghoa. Salah satunya, sejarah mendaratnya armada Cheng Ho di Indonesia. Selain itu, bagi yang menyukai fotografi, ada sebuah galeri yang menyimpan berbagai model kamera kuno. Anda pun bisa mempelajari sejarah musik melalui koleksi beberapa alat pemutar lagu.

Pada momen tertentu, akan ada banyak acara yang diselenggarakan di dalam area museum. Agenda semacam ini juga menjadi salah satu daya tarik pengunjung. Meskipun berbentuk bangunan tua, museum ini tetap menciptakan kesan yang hangat. Tak heran, tempat wisata ini masih cukup ramai dikunjungi hingga kini.

Marcopolo Waterpark

Marcopolo Waterpark Serpong adalah salah satu tempat wisata di Tangerang yang tidak boleh dilewatkan, khususnya jika Anda menyukai rekreasi wisata air. Tempat wisata yang berlokasi di Jl. Kampung No. 58, Panunggangan Utara, Pinang, Kota Tangerang ini menawarkan beberapa wahana permainan air, seperti kolam arus dan big slider. Selain itu, ada pula kolam renang untuk anak-anak yang dilengkapi dengan air mancur.

Menariknya, Marcopolo Waterpark Serpong berada di lantai 5 Gedung Great Western. Hal ini membuat para pengunjung dapat melihat langsung pemandangan Kota Tangerang dari ketinggian sembari bermain air. Untuk menambah kenyamanan, tersedia berbagai fasilitas pendukung yang bisa dimanfaatkan di tempat wisata ini, seperti misalnya ruang ganti, kamar mandi, dan loker.

Ocean Park Water Adventure

Tempat wisata di Tangerang lainnya yang wajib dikunjungi adalah Ocean Park Water Adventure. Terletak di Jl. Pahlawan Seribu, CBD Area, Tangerang Selatan, tempat wisata ini bisa dijangkau dengan mudah dengan menggunakan transportasi umum.

Ada beberapa wahana seru yang harus dicoba saat bermain di Ocean Park Water Adventure, misalnya Adrenaline Rush, The Ocean, A Paradise for Kiddo, dan sebagainya. Tersedia pula berbagai fasilitas pendukung, seperti loker, toilet, shower, WiFi, food court, dan nursing room.

Nah, untuk menikmati keseruan bermain air di waterpark ini, berkunjunglah pada jam 11.00 WIB – 19.00 WIB (Senin – Jumat) atau 08.00 WIB – 19.00 WIB (akhir pekan). Untuk tiket masuk, Anda harus membayar Rp75.000 per orang. Namun, jika ingin menghemat bujet liburan, Anda bisa memanfaatkan berbagai promo yang tersedia.

Taman Wisata Pulau Situ Gintung

Setelah menyelesaikan berbagai aktivitas yang menjenuhkan, tak ada yang lebih menyenangkan selain menikmati keindahan alam bersama keluarga pada akhir pekan. Nah, salah satu pilihan menarik yang bisa Anda coba adalah berkunjung ke Taman Wisata Pulau Situ Gintung. Tempat wisata di Tangerang ini terletak di Jl. Kertamukti Pisangan Raya No. 121, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan.

Selain menyajikan pemandangan alam dan udara yang segar, objek wisata ini juga merupakan pusat kegiatan edukasi yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan antara lain berkemah, outbound, bahkan reuni dan gathering. Selain itu, tempat ini dilengkapi pula dengan fasilitas permainan paint ball dan pelatihan membuat keramik.

Untuk masuk ke area wisata Situ Gintung, Anda hanya perlu membayar tiket seharga Rp10.000. Namun, untuk bermalam, biayanya naik menjadi Rp20.000. Bagi Anda yang ingin mencari lokasi strategis untuk berkumpul dengan konsep yang tak biasa, tempat ini layak menjadi pilihan.

Taman Buaya Tanjung Pasir

Berkunjung ke Taman Buaya Tanjung Pasir, Anda akan disuguhi dengan pemandangan unik dan membuat adrenalin mengalir. Bagaimana tidak, tempat ini merupakan area penangkaran buaya yang cukup besar. Anda bisa melihat secara langsung ratusan buaya berbagai ukuran yang dikoleksi di tempat wisata di Tangerang ini.

Meskipun demikian, tak perlu khawatir dengan faktor keamanan karena area penangkaran tergolong aman. Selain itu, lokasi ini juga dilengkapi dengan pepohonan sehingga suasana terasa teduh dan sejuk. Tidak ada atraksi yang disuguhkan, tetapi Anda bisa melihat ketika para buaya diberi makan.

Anda bisa berkunjung ke sini pada jam 08.00 WIB – 18.00 WIB setiap hari. Harga tiket masuknya seharga Rp8.000 untuk dewasa, dan Rp4.000 untuk anak-anak.

Situ Cihuni

Situ Cihuni yang terletak di Desa Cihuni, Pagedangan, Kabupaten Tangerang menawarkan keindahan alam yang menyegarkan. Tak heran, banyak orang berkunjung ke “situ” atau danau ini. Di area ini, rerumputan hijau dan pepohonan rindang menjadi pemandangan alami yang terlihat di mana-mana.

Bagi Anda yang senang bersepeda, Situ Cihuni merupakan salah satu rute yang cukup menantang. Rute yang cukup populer bagi para pesepeda ini termasuk dalam Jalur Naga. Bukan hanya itu, tempat wisata di Tangerang ini juga memiliki kawasan agrowisata seluas 32 hektare. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini, termasuk memanen sayuran dan buah.

Fasilitas menarik lain yang tersedia di Situ Cihui adalah tempat bersantap yang berbentuk saung dari bambu. Lokasi yang unik dilengkapi dengan sajian masakan tradisional yang lezat membuat tempat ini layak untuk dikunjungi wisatawan.

Froggy Edutography Floating Castle

Bagi Anda yang ingin mengajak si kecil untuk bermain sekaligus menikmati keindahan bangunan dengan arsitektur unik, Anda bisa mengajaknya ke Froggy Edutography Floating Castle. Terletak di kawasan BSD Grand Boulevard, Tangerang Selatan, tempat wisata di Tangerang ini sangatlah mudah dijangkau.

Disebut juga sebagai Istana Melayang, Floating Castle memang sangat membuat penasaran. Bangunan megah dan indah ini terdiri atas 66 lembar kaca dengan tinggi 10,8 meter, lebar 1,9 meter, dan tebal 19 milimeter. Lembaran-lembaran kaca ini sama sekali tidak disambung, hanya digantung atau menggunakan teknik suspended. Nah, model inilah yang menimbulkan efek melayang.

Bangunan yang terdiri atas 10 lantai ini menawarkan beragam hal menarik, khususnya untuk anak-anak. Misalnya, ada sebuah lantai yang khusus berisi indikator kecerdasan anak berdasarkan ciri-cirinya. Pada lantai lainnya, ada area dan fasilitas yang bisa digunakan anak untuk bermain peran.

Pulau Cangkir Kronjo

Pesisir utara Kabupaten Tangerang memiliki pesona tersendiri. Di wilayah ini, terdapat sebuah kawasan yang berbentuk serupa cangkir dengan luas 4,5 hektare. Pulau kecil ini dihubungkan dengan daratan oleh sebuah jembatan yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama beberapa menit.

Meskipun kecil, pulau ini menyimpan keunikan tersendiri. Bukan hanya dapat menikmati keindahan pantai di sekitarnya, pengunjung juga bisa melakukan ziarah di makam salah seorang ulama besar di Banten, yaitu Syekh Waliyuddin. Bonusnya, Anda juga dapat menikmati panorama mangrove yang hijau dan menyegarkan.

Telaga Biru Cisoka

Banyak orang mengenal Telaga Biru Cisoka dengan nama Danau Biru Cigaru. Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata di Tangerang yang cukup populer. Danau ini memang berwarna biru cantik, apalagi jika berpadu dengan pemandangan bukit-bukit batu di sekitarnya. Dahulu, tempat ini merupakan tempat galian pasir, tetapi saat ini sudah tidak lagi beroperasi.

Setelah beberapa lama, lubang bekas galian pasir tersebut terisi oleh air hujan. Lama-kelamaan, air yang tertampung semakin banyak sehingga membentuk telaga. Nah, Anda bisa berkunjung ke telaga ini dengan datang langsung ke Kampung Cigaru, Desa Cisoka, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang.

Ada dua danau yang bisa dikunjungi di destinasi wisata ini. Danau pertama berada di sebelah kanan pintu masuk. Air danau yang satu ini berwarna biru. Sementara itu, danau kedua yang berada di sebelah kiri pintu masuk, memiliki air yang berwarna hijau. Ukurannya pun lebih luas. Perbedaan warna danau ini dipengaruhi oleh kadar keasamannya.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here