www.INDONESIATRAVEL.NEWS, PAPUA – Raja Ampat adalah tempat maha indah di ujung kepala burung Papua. Demikian pujian yang disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dalam akun instagram pribadinya, @sminrawati.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menjadi salah satu pejabat yang mengaku terpesona dengan keindahan Raja Ampat. Di sela kunjungan kerjanya di Papua, ia pun menyempatkan diri mengunjungi destinasi kelas dunia yang jadi perbincangan para turis, 12 Januari lalu.

“Pada kunker ke Sorong, Papua Barat, saya merasa perlu mengunjungi tempat yang begitu indah, yang telah diabadikan dalam uang pecahan Rp100 ribu. Dan memang benar, tempatnya sangat indah,” ujarnya, Senin (21/1).

Tak hanya melihat, Sri Mulyani bahkan menjejakkan kaki dan membasahi badannya di Pasir Timbul.

“Pada saat Anda menjejakkan kaki di Pasir Timbul, semua beban pikiran terasa hanyut dalam arus laut biru. Pasir putih bersih dan langit biru sempurna. A truly wonderful Indonesia!” ujarnya, seperti yang tertulis pada caption unggahan di Instagram.

Dalam postingan tersebut, Sri Mulyani mengunggah 7 foto sekaligus. Pertama, ia berdiri mengenakan topi dan baju putih, dengan tangan menyilang di dada. Foto ini menjadi tak biasa karena berlatar belakang pemandangan gugusan karst atau karang Raja Ampat dari puncak Piaynemo.

Foto kedua, Sri Mulyani duduk bersila di ujung kapal, dengan pemandangan laut pada saat sunset. Foto ketiga menggambarkan aktivitasnya bermain air di Pasir Timbul, dan foto keempat memperlihatkan kekompakannya dengan sang suami.

Foto kelima, Sri Mulyani berjalan di dermaga Raja Ampat bersama Sekjen Kementerian Keuangan Hadiyanto. Sedangkan pada foto keenam, ia merangkul anak-anak Papua di atas sebuah dermaga. Terakhir, ia foto bersama dengan jajaran pegawai Dirjen Bea Cukai.

Raja Ampat memang maha indah. Kepopularan pulau di wilayah Papua Barat ini sudah lama dikenal wisatawan mancanegara. Lokasinya yang jauh, tak menyurutkan para pelancong untuk menikmati keindahan yang tersaji di Raja Ampat.

Ada beberapa spot atau titik terindah yang bisa dinikmati wisatawan yang berkunjung ke Raja Ampat. Antara lain Laguna Bintang, Arborek, Misool, Sawing Rai, Wayag, dan Piaynemo.

Sesuai namanya, Laguna Bintang adalah sebuah laguna berbentuk bintang, dengan air berwarna hijau toska. Bentuk bintang ini bukan buatan manusia, melainkan tercipta secara alami. Namun, untuk bisa melihat bentuk laguna secara utuh, wisatawan harus naik ke atas bukit.

Orang bilang, ke Raja Ampat kurang lengkap jika tak mengunjungi Arborek. Tempat ini menyajikan pantai landai dengan ombak yang tenang, air laut yang jernih kebiruan, serta hamparan pasir putih lengkap dengan nyiur melambai.

Tak hanya di darat, keindahan Arborek juga bisa dinikmati dari bawah laut. Arborek menjadi salah satu spot diving terbaik di Raja Ampat. Wisatawan bisa menikmati ikan-ikan cantik di antara terumbu karang yang masih terjaga. Sesekali, wisatawan juga bisa melihat kelebatan ikan pari melayang-layang di dalam air.

Lanjut ke Misool, kecantikan pulau ini juga tak kalah menarik dari titik lain di Raja Ampat. Pemandangan darat dan laut benar-benar memanjakan mata, hingga pengunjung tak bosan berlibur ke sana. Uniknya, di sini wisatawan bisa menemukan hiu berjalan atau kalabia. Di sini juga terdapat lukisan purba misterius berupa gambar telapak tangan, ikan, perahu, dan lain-lain.

Jika sempat singgah ke Sawing Rai, wisatawan bisa melakukan aktivitas snorkeling dan mengenal budaya lokal masyarakat setempat. Paling menarik, dari sini wisatawan bisa menikmati atraksi bird watching. Pengunjung bisa melihat keindahan burung cendrawasih tanpa perlu menggunakan alat bantu teropong.

Sementara bagi wisatawan yang ingin menikmati gugusan pulau karang yang eksotis, Wayag tempatnya. Di sini, pengunjung wajib mendaki pulau karang yang bisa diselesaikan selama 30 menit. Rasa lelah bisa langsung terobati dengan keindahan alam yang terpampang di depan mata.

Jika kurang puas, tempat lain yang menyajikan pulau karang adalah Pianemo. Gugusan pulau karang membentang di lautan, seperti surga kecil di tanah Papua. Saking indahnya, Presiden RI Joko Widodo pun pernah berkunjung ke sini.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Raja Ampat memiliki potensi luar biasa. Destinasi juara kelas dunia, dengan atraksi super oke. Hanya saja, masih perlu dukungan soal aksesibilitas dan amenitas agar memiliki standar internasional.

“Kami pernah ke Waisei bersama Presiden Jokowi, akhir 2015 silam. Kita akan selalu support daerah-daerah yang serius mengembangkan destinasinya. Raja Ampat adalah paket komplit karena menyediakan keindahan alam, baik di darat maupun di laut,” jelasnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here