INDONESIATRAVEL.NEWS– Keseruan benar-benar tercipta di Wakatobi Waves 2018. Lomba panjat pinang di laut dan Fun Dive adalah pemicunya. Event ini menjadi pembeda Wakatobi Waves 2018. Fun Dives digelar Senin (12/11), sedangkan lomba panjat pinang di laut dilakukan Selasa (13/11).

Panjat pinang di laut digelar di Pantai Marina, Wakatobi, Selasa sore. Lomba ini diikuti ratusan peserta. Sebagian besar adalah anak-anak. Lomba sendiri dibagi menjadi beberapa kelas. Seperti untuk tingkat SD, SMP, SMA, dan Umum.

Penyelenggara menyiapkan empat pinang yang memiliki tinggi sekitar 6 hingga 7 meter. Diantara pinang-pinang itu, terdapat hadiah tabungan senilai Rp 1 juta. Hadiah ini membuat motivasi peserta semakin tinggi.

Kepala Dinas Pariwisata Wakatobi Nadar mengatakan antusias masyarakat Wakatobi sudah terlihat sejak awal festival digulirkan.

“Kita cukup senang dengan antusias masyarakat. Sejak awal mereka selalu merespons kegiatan kita dengan sangat luar biasa. Kita senang karena kegiatan kita mampu dirasakan dan menghibur masyarakat. Karena memang pesta ini kita bikin untuk masyarakat,” paparnya.

Lomba panjat pinang ini hanya menjadi bagian kecil dari Wakatobi Wave 2018. Kegiatan lain yang digelar adalah Fun Dive, alias diving. Kegiatan ini dilakukan di sekitar Pantai Cemara. Peserta Fun Dive Wakatobi Wave 2018 adalah undangan, media, dan lainnya.

“Lewat Wakatobi Wave, Kita ingin memperkenalkan kekayaan yang kita miliki. Seluruh potensi yang ada. Kita ingin kenalkan jika Wakatobi itu memang kaya. Punya banyak pilihan destinasi. Jadi wisatawan punya banyak pilihan untuk berwisata,” paparnya.

Dalam Fun Dive, peserta diajak menikmati terumbu karang indah khas Wakatobi. Peserta yang tidak biasa diving, tidak perlu khawatir. Sebab, diver pendamping siap menemani. Yang artinya, keamanan setiap peserta benar-benar dijamin.

Asisten Deputi Strategi Komunikasi Pemasaran I Kementerian Pariwisata Hariyanto, menilai Wakatobi akan cocok untuk wisatawan Eropa.

“Dengan keindahan alam bawah lautnya, Wakatobi adalah tujuan buat penggila snorkling dan diving. Dan, karakter ini sangat sesuai dengan wisatawan Eropa dan Amerika. Nanti kita akan cari tahu lebih dalam. Karena kita ingin wisatawan mancanegara lebih banyak datang ke sini,” paparnya.

Sementara Menteri Pariwisata Arief Yahya sangat mengapresiasi hadirnya atraksi berkelas di Wakatobi. Sebagai destinasi prioritas, Wakatobi memang membutuhkan banyak atraksi.

“Wakatobi harus terus diperkaya dengan atraksi. Karena, Wakatobi adalah destinasi prioritas. Destinasi yang diharapkan bisa mendatangkan banyak wisatawan mancanegara. Semakin banyak promosi dan atraksi, semakin banyak wisatawan yang hadir,” paparnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here