INDONESIATRAVEL.NEWS– Industri pariwisata Bangka Belitung (Babel) siap-siap tancap gas. Sebab, Tanjungpandan Babel kini sudah terhubung dengan Singapura melalui direct flight. Rute baru ini dilayani maskapai Garuda Indonesia

Hal ini diakui Ketua Dewan Perwakilan Daerah Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Bangka Belitung, Agus Pahlevi. Menurutnya, penerbangan perdana akan dilakukan 29 Oktober oleh Garuda Indonesia.

Menurutnya, kehadiran rute ini merupakan kesempatan emas. Untuk itu pihaknya langsung bergerak. Pihaknya sudah bekerjasama dengan beberapa biro perjalanan Singapura. Bahkan bersamaan dengan pelaksanaan ITB Asia, ASPPI Babel juga akan melakukan sales call ke beberapa travel agent lainnya.

“Ini merupakan kesempatan kami untuk mengangkat pariwisata Bangka Belitung. Kami akan tancap gas, terutama di ajang ITB Asia. Apalagi ITB Asia merupakan ajang promosi pariwisata terbesar di Asia,” katanya, Senin (15/10).

Agus menambahkan, hingga saat ini respons pasar sudah sangat baik. Bahkan beberapa biro perjalanan Singapura sudah melakukan reservasi hingga Desember 2018. Reservasi ini pun beragam, baik paket wisata kelompok maupun perorangan.

“Paket yang kita siapkan beragam mulai dari 3 – 5 hari. Paket ini termasuk mengunjungi desa seperti Sungai Padang, Seliu, Badau, dan Desa Terong. Semoga dengan adanya penerbangan langsung Singapura – Tanjungpandan menjadikan masyarakat Belitung sebagai penikmat hasil pariwisata yang diidam-idamkan selama ini,” imbuhnya.

Terpisah, Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Masruroh, mengatakan Kemenpar akan memaksimalkan rute penerbangan baru Singapura-Tanjungpandan. Selain promosi dan penjualan di ITB Asia, Kemenpar pun akan menggelar event Wonderful Indonesia GATF. Event ini akan digelar pada tanggal 19 Oktober 2018. Event ini merupakan sebuah kerjasama kemenpar dan Garuda Indonesia di Singapura.

“Kami juga akan menggelar travel fair bertajuk Wonderful Indonesia GATF. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan promosi serta penjualan paket wisata Bangka Belitung. Dan dalam event itu juga sekaligus akan di launching direct flight penerbangan Garuda Indonesia Singapura – Tanjungpandan,” terang Iyung.

Sementara itu Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, bahwa direct flight Singapura – Tanjungpandan merupakan langkah tepat. Dengan penerbangan ini masa depan pariwisata Bangka Belitung akan semakin bersinar.

Pasalnya Singapura merupakan pangsa pasar potensial. Tercatat pada tahun 2017, Singapura menyumbang 1.512.813 wisatawan. Angka tersebut terkatrol sedikit dari tahun 2016 dengan torehan 1.472.767 wisatwan.

“Hal ini menjadi catatan penting. Pasalnya kenaikan yang ada tergolong sangat kecil, sehingga diperlukan terobosan dengan membawa destinasi baru dengan harga yang kompetitif. Sehingga semakin wisatawan Singapura memiliki banyak pilihan destinasi dan bukan itu-itu saja. Rute peberbangan baru ini merupakan salah satu momentumnya,” terang Menpar Arief Yahya.

“Apalagi, Singapura merupakan hub internasional yang memungkinkan wisatawan dari negara lain terbang ke Indonesia. Setelah kita dapat dari Singapura, kita bisa dapat dari mana-mana,” imbuh Menteri asal Banyuwangi itu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here