www.INDONESIATRAVEL.NEWS – Event akbar Asian Games 2018 rupanya tidak luput dari pantauan PT Angkasa Pura (AP) II. Pengelola sejumlah bandara di Indonesia ini ikut memeriahkan Torch Relay (pawai obor) Asian Games di Banyuwangi, Minggu (22/7). Caranya melalui funwalk. Kegiatan ini dihadiri lebih dari 1.000 peserta. Mereka berasal dari masyarakat umum dan pelajar.

Menurut Presiden Direktur Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, funwalk adalah bentu nyata dukungan AP II untuk mempromosikan event Asian Games 2018. Juga memeriahkan pelaksanaan Torch Relay yang sudah sampai di Banyuwangi.

“Rangkaian Torch Relay sudah sampai di Indonesia, dan tiba di Banyuwangi. Sebagai official supplier Asian Games 2018, kami sangat antusias untuk ikut serta memeriahkan event olahraga terbesar kedua di dunia ini. Selain itu, selaku pengelola Bandara Banyuwangi, kami bersama dengan Pemkab Banyuwangi untuk mengajak warga sekitar ikut merasakan euforia ini dengan berpartisipasi pada Funwalk Road To Asian Games 2018,” tutur Awaluddin.

Selain mendukung pelaksanaan Asian Games, PT AP II juga memiliki misi lain. Yaitu mengenalkan kearifan lokal Kabupaten Banyuwangi. Angkasa Pura II menyediakan booth UMKM hasil kerjasama dengan Pemeritah Kabupaten Banyuwangi. Tidak kurang dari 20 UMKM menyediakan makanan tradisional khas Banyuwangi. Termasuk juga kerajinan batik, hingga kopi khas Banyuwangi.

Kepedulian yang diperlihatkan PT AP II disambut Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. Dijelaskannya, hal ini merupakan sinergi yang positif antara AP II dengan Pemkab Banyuwangi. Anas pun menyampaikan ucapan terima kasihnya ke AP II.

“Kami berterimakasih kepada AP II. Karena dengan diadakannya event ini, nama Banyuwangi semakin terdengar di khalayak ramai. Selain itu, pengembangan bandara juga terus dilakukan. Hasilnya sudah bisa dirasakan dengan meningkatnya jumlah penerbangan menuju Banyuwangi. Kita harapkan sinergi ini terus positif,” ungkapnya.

Berdasarkan data yang ada di PT AP II, traffic penumpang Bandara Banyuwangi sampai dengan Juni 2018 tumbuh positif. Yaitu mencapai 160.000 penumpang. Atau, naik sekitar 170% dibandingkan tahun 2017 dengan jumlah 63.000.

Untuk pergerakan pesawat, sampai Juni 2018 mencapai 2235 pergerakan pesawat. Atau, naik sekitar 87% dibandingkan tahun 2017 yaitu 1106 pergerakan pesawat. Dengan adanya pengembangan di sisi udara serta kerjasama dengan maskapai-maskapai, target 300.000 pergerakan penumpang pada tahun 2018 bisa dilampaui.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik kolaborasi antara PT AP II dengan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Sebab, kerjasama ini membuat gaung Asian Games 2018 terdengar sangat nyaring di Banyuwangi.

“Semangat inilah yang harus dilakukan. Kita harus bersama-sama mempromosikan Asian Games. Karena, event ini adalah kebangaan Bangsa Indonesia. Yang lebih luar biasa, PT AP II juga mengangkat kearifan lokal. Melalui kuliner dan lainnya. Hal seperti harus mendapat dukungan,” paparnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here