INDONESIATRAVEL.NEWS– Ada satu keunggulan yang dimiliki Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Jogja. Yaitu inisiatif. Buktinya, GenPI Jogja sedang menggarap destinasi digital ke-4 mereka. Namanya Pasar Telaga Jonge. Destinasi ini digarap karena GenPI Jogja melihat potensi melimpah yang dimiliki Telaga Jonge.

Rencananya, destinasi digital Pasar Telaga Jonge akan diluncurkan secara resmi, Jumat (26/10). Destinasi digital ini terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu Gunung Kidul, Yogyakarta.

Menurut Koordinator GenPI Jogja Nunung Elizabeth, bakal banyak keseruan hadir pada peluncuran Pasar Telaga Jonge.

“Pasar Telaga Jonge menjadi pasar ke-4 yang kami garap. Pasar ini nantinya akan dibuka setiap Sabtu-Minggu pukul 13.00-17.00 WIB . Peluncurannya sudah pasti heboh dan seru seperti peluncuran destinasi digital Jogja lainnya,” ujar Nunung Elizabeth Selasa (23/10).

Bagaimana tidak seru dan heboh. Pada peluncuran destinasi digital tersebut GenPI Jogja akan menghadirkan berbagai hiburan. Salah satunya adalah band Plenthong Konslet.

Band yang memadukan musik tradisional gamelan dan Rock tersebut merupakan jebolan salah satu acara pencarian bakat nasional. Selain itu ada juga kesenian Jathilan yang akan dipersembahkan. Lebih menarik lagi, seluruh anggota Jathilan tersebut merupakan wanita.

“Iya ini tim Jathilan wanita dari sanggar Turonggo Seto. Nanti juga ada Team Panahan D’Jonge Archery, Climbing Kalisuci, Tari Edan-edanan SMP 3 Semanu serta Toklik Guyub Rukun,” terang Agus Surya, lurah pasar.

Bukan itu saja, beragam kuliner lezat juga siap disuguhkan destinasi digital ini. Dari mulai cemilan seperti lemper, gethuk, Tempe Mandingan hingga brangkal ada disini. Begitu juga makanan beratnya sepertu pecel serta Jenang Grundul dipastikan lidah bergoyang.

“Konsep kulinernya memang jajanan jadul alias jaman dulu. Yang mau berburu jajanan masa kecil silahkan datang. Rasakan sendiri nikmanya Rujak Anyes, Lotis serta yang lainnya. Harganya sudah pasti murah meriah. Dan pastinya semua kuliner yang dijajakan merupakan buatan masyarakat sekitar pasar,” ungkap Agus.

Layaknya destinasi digital lainnya, Pasar Telaga Jonge sudah pasti memiliki berbagai spot foto yang instagramable. Spot-spot ini semakin melengkapi keindahan Telaga Jonge itu sendiri.

Secara kondisi lokasi, Telaga Jonge memang sangat indah. Hamparan air yang dikelilingi dengan pepohonan yang besar tentunya menjanjikan panorama tersendiri. Khususnya bagi wisatawan yang menginginkan suasana damai, jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Panorama ini pula yang kemudian membuat Telaga Jonge memiliki spot-spot foto alami yang sangat menarik dan instagramable.

“Spot-spot foto ini memang khusus diperuntukan kepada generasi milenial pemburu foto selfie. Dengan populer di media sosial, maka pangsa pasar generasi milenial yang gaya hidupnya sangat dekat pada sosial media bisa terbidik. Pokoknya kami sediakan paket komplit untuk berwisata. Jadi jangan lupa untuk datang di acara launching Pasar Telaga Jonge ya,” ujar Elza.

Apresiasi pun diberikan Staff Khusus Menteri Pariwisata Bidang Komunikasi dan Media Don Kardono. Terlebih semangat tinggi terus ditunjukan GenPI Jogja dalam menggarap destinasi digital.

“Jogja itu target kita akan mempunyai 8 destinasi digital. Ini menempatkan Jogja sebagai daerah dengan destinasi digital terbanyak. Maka dari itu dibutuhkan semangat serta konsistensi tinggi dari serdadu digital GenPI Jogja. Saya salut dengan semangat dan konsistensi mereka,” ujar Don.

Hal senada juga diungkapkan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya. Menpar pun merasa bangga terhadap semangat dan konsistensi dari GenPI Jogja.

“Luar biasa. GenPI Jogja memang keren, beken, paten. Pesan saya cuma satu, tetap semangat membangun dan mempromosikan pariwisata Indonesia. Mari kita tularkan semangat itu, sehingga masyarakat juga ikut tergerak. Imbasnya, peningkatan perekonomian masyarakat dari pariwisata,” ujar Menpar

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here