INDONESIATRAVEL.NEWS– Kota Tasikmalaya harus masuk dalam daftar wajib dikunjungi saat #PesonaMudik2018. Kota ini memiliki keindahan alam yang luar biasa. Selain itu, ragam kulinernya juga patut dicoba.

“Tasikmalaya kaya dengan kuliner. Hampir di setiap sudut kota, ada kuliner khas yang nikmat. Menariknya, yang serba nikmat itu akan berkumpul di satu tempat,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, Jumat (1/6).

Untuk yang mudik melalui Tasikmalaya, jangan lupa cicipi #PesonaKulinerLebaran2018 di tempat ini. Kalau masih bingung, berikut #Top10KulinerLebaran2018 di Tasikmalaya versi TripAdvisor.

1. Mie Bakso Laksana

Siapa bilang di Jawa Barat kamu tidak bisa menemukan bakso yang enak dengan rasa mantap? Rumah makan bakso ini buktinya. Mie Bakso Laksana adalah salah satu kuliner mie bakso legendaris dengan kenikmatan yang sudah kesohor.

Di tempat yang berlokasi di Jl. Pemuda No.5, Yudanagara, Cihideung, Tasikmalaya ini, terdapat beragam menu unik dan enak seperti Bakso Yamien Asin Komplit yang seperti namanya, lengkap dengan bakso, pangsit rebus, dan babat yang akan menambah nikmat porsi bakso ini. Enak sekali!

2. Kupat Tahu Mangunreja

Suka dengan kupat tahu? Jangan sampai melewatkan makan di Kupat Tahu Mangunreja. Tempat ini sangat terkenal dengan kupat tahu yang nikmat dan dimasak dengan cara spesial, yaitu dengan cara tradisional dengan menggunakan tungku berbahan bakar kayu.

Bukan hanya cara masaknya, kupat tahunya pun dibuat dengan resep dan teknik yang pas dan telah terbukti digemari. Sedangkan, pedas bumbunya merasuk sempurna membuat kecanduan siapa pun yang mampir ke sini di Jl. Mangunreja No.76, Cikunten, Singaparna, Tasikmalaya.

3. Nasi TO Mr Rahmat

Unik memang nama warung makan yang ini. Nasi TO atau nasi tutug oncom adalah campuran nasi dengan oncom yang berbumbu bawang, kencur, dan berbagai rempah khas lainnya.

Kedai Nasi TO Mr. Rahmat sangat terkenal dengan konsep lesehan ala Sunda dari bambu yang nyantai dan nyaman banget. Selain nasi TO atau tutug oncom, warung ini juga menjual panganan-panganan khas Sunda lain yang harus kamu coba. Lokasinya di Jl.Cikarang Girang, NO.56, Kota Tasikmalaya.

4. Pecel Oranye

Pecel adalah makanan universal yang dinikmati oleh siapa saja. Kamu juga akan bisa mendapati warung yang menjual pecel di mana pun, terutama di Pulau Jawa. Tapi ada yang istimiewa dengan Pecel Oranye. Lokasinya di Jl. Empang no. 27.

Warung makan ini telah berdiri sejak thaun 1925 lalu dan berhasil memanjakan lidah para pecinta kuliner. Warung ini memiliki menu andalan pecel bumbu kacang super nikmat, tapi juga makanan-makanan lain berbumbu mirip seperti lotek, karedok dan gado-gado.

5. Warung Kopi Lawas E18

Ngopi bersama teman-teman adalah kegiatan yang nggak pernah ada matinya. Di Warung Kopi Lawas E18, kamu bisa nongkrong sambil menikmati sajian kopi dari seluruh Nusantara, dari Sabang hingga Merauke.

Lengkap banget kan, jadi tinggal pilih saja jenis kopi yang paling cocok dengan selera kamu. Tapi bukan hanya itu, ada juga kopi dengan rasa buah-buahan yang unik dan enak. Kebayang nggak gimana rasanya kopi rasa buah? Patut dicoba! Lokasinya sendiri berada di Jl. Empang No 18, Empangsari, Tawang, Yudanagara, Cihideung, Yudanagara, Cihideung.

6. Kedai Osaka

Seperti namanya, ini adalah kedai yang memang berbau Jepang-jepangan. Jadi kamu yang mencintai segala yang berbau Jepang wajib menjadikan tempat ini tujuan kulinermu. Eits, bukan hanya penggemar masakan Jepang aja sasaran restoran ini.

Karena bukan hanya makanan saja seperti sushi dan ramen yang menjadi andalannya, tapi begitu pula dengan banner, koleksi manga, majalah Jepang, dan bahkan musik yang diputarnya. Coba deh kunjungi dan saksikan keunikannya. Lokasinya berada di Jalan Tarumanagara No.7-9, Tawangsari, Tawang, Tawangsari, Tawang.

7. Sate Maranggi

Sate maranggi adalah sate sapi dengan bumbu kecap. kuliner ini sebenarnya adalah khas daerah purwakarta. Sate maranggi yang terkenal adalah di Purwakarta. Tapi ternyata ada di kota Tasikmalaya juga loh, penasaran dengan rasanya saya dan rekan mampir untuk makan siang. Tempatnya cukup luas dan nyaman, tempat penyajiannya cukup unik yaitu menggunakan hot plate seperti steak dengan sambal kecap. Lokasinya sendiri berada di jalan. Taman Harapan no. 5 Dadaha, Tasikmalaya.

8. SuMur Si Doel

Minum susu memberikan banyak manfaat kesehatan, kamu bisa mendapatkan protein, kalsium, dan berbagai mineral dari minuman ini. Maka tak heran, minum susu selalu jadi rekomendasi untuk semua orang yang ingin hidup sehat. Minum susu murni segar yang hangat apalagi sambil ngobrol bersama teman adalah kegiatan yang asyik banget.

Nikmati susu segar berkualitas dan beragam menu lain seperti surabi, roti bakar dan spagheti di kedai ini. Lokasinya sendiri berada di Jalan BKR Kota Tasikmalaya.

9. Rumah Makan Pantai Dadaha

Walaupun namanya Rumah Makan Pantai, tempat kuliner ini tidak terletak di tepi pantai. Tapi, menu yang dijual khas menu yang biasa dijajakan di pantai seperti gurame bakar, ikan bakar, tapi juga menu-menu lain yang tidak berbau makanan laut seperti ayam goreng atau bakar. Menikmati masakan pantai yang enak tak perlu jauh-jauh.

Semua makanan yang disajikan diolah dengan bumbu-bumbu pilihan, rasa terjamin, dan sambal yang enak. Rumah makan ini wajib dicoba kalau kamu berada di Tasikmalaya. Lokasinya berada di Jl. Terusan BCA RT.02 / RW.10, Tuguraja, Cihideung, Tuguraja, Cihideung, Tasikmalaya

10. Bubur Ayam H. Zaenal

Bubur ayam memang merupakan salah satu makanan yang menjadi favorit banyak orang, jadi menemukan rumah makan atau warung bubur ayam di setiap kota terutama Jawa Barat adalah keharusan.

Nah, ini adalah salah satu warung bubur ayam yang legendaris di Tasik. Yang membuat banyak orang ketagihan adalah karena paduan ayam, telur, cakue, ampela ati, dan kacang serta kerupuknya pas sehingga membentuk rasa gurih, enak dan nikmat. Lokasinya berada di Jl. R. Ikik Wiradikarta No. 33, Tawangsari, Tawang, Tasikmalaya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here