INDONESIATRAVEL.NEWS, BANDAR LAMPUNG – Pemerintah Provinsi Lampung mulai memperhatikan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) pariwisata. Sebanyak 40 beasiswa untuk pelajar berprestasi disiapkan. Mereka akan menempuh Program Study Wisata di Politeknik Negeri Lampung (Polinela).

Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo mengatakan, SDM berkualitas sangat penting.

“Pariwisata Lampung harus berkembang. Sebab, arus kunjungan wisatawannya sangat bagus. Untuk itu, kualitas perlu dinaikkan. Salah satu kuncinya ada di SDM. Beasiswa pariwisata menjadi cara untuk menaikan kualitas SDM. Dan, Polinela ini memiliki kemampuan untuk mencetak SDM handal. Sistem pembelajaran Bahasa Inggris-nya bagus,” ujar Ridho, Sabtu (26/1).

SDM pariwisata yang handal jadi kebutuhan mendesak Lampung. Sebab, arus kunjungan wisatawannya positif. Dari rentang 2014-2018, arus kunjungan wisatawan naik signifikan, mencapai 203,17%. Pada 2018, wisatawan yang masuk ke Lampung sekitar 13,4 juta orang. Angka tersebut surplus 8,98 juta dari 4 tahun sebelumnya. Tahun 2014, wisatawan yang berkunjung ke Lampung sekitar 4,42 juta orang.

“Progress kunjungan wisatawan positif. Di tahun 2018 tetap menggembirakan, meski sempat terkena bencana. Pariwisata Lampung akan tumbuh cepat. Jadi, harus diimbangi SDM-nya,” jelasnya.

Sebelum memberikan beasiswa, Pempov Lampung terlebih dahulu memberi support atas aktivasi Program Studi D3 Perjalanan Wisata Polinela. Bentuk penguatannya melalui surat nomor 420/1138/VI.01/2018. Isinya, dukungan Pemprov Lampung atas pendirian program studi tersebut. Ridho pun menambahkan, metode pembelajaran terbaik sudah disiapkan.

“Lulusan program ini akan memberikan pengaruh positif bagi tumbuhnya pariwisata Lampung. Untuk itu, kalender akademik yang ideal sudah disiapkan formulasinya. Penguasaan bahasa asing harus lebih dioptimalkan lagi,” lanjut Ridho lagi.

Formulasi metode pendidikan 3+2+1 sudah disiapkan. Komposisinya terdiri dari 3 semester aktif di bangku kampus, lalu 2 semester melakukan pembelajaran di industri pariwisata. Sisa 1 semester menjadi kombinasi belajar di kampus dan industri sekaligus.

“Pemberian beasiswa pariwisata bagi potensi muda Lampung sangat luar biasa. Ini bisa jadi investasi yang menjanjikan untuk pariwisata Lampung. Sebab, nantinya para penerima beasiswa ini akan bekerja untuk kemajuan pariwisata Lampung,” kata Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemenpar Ni Wayan Giri Adnyani.

Memulai program pembangunan SDM, penerimaan pendaftaran mahasiswa baru Program Study Wisata Polinela mulai 4 Februai hingga 8 Maret 2019. Alurnya dimulai dengan mengisi formulir pendaftaran. Formulirnya bisa bisa diunduh dari http://pmb.polinela.ac.iddan http://pmb.polinela.jaraka.id. Ikut juga dilampirkan surat rekomendasi dari Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota setempat.

Formulir bisa diantar atau dikirim lewat kurir. Alamatnya berada di Sekretariat PMB, Kampus Politeknik Negeri Lampung, Jalan Soekarno Hatta No. 10 Rajabasa, Bandar Lampung, 35144. Paling lambat 15 Maret 2019. Persyaratan yang harus dipenuhi, nilai rata-rata kelas minimal 80,0 untuk SMA/MA. Lalu, SMK memiliki nilai minimal 70,0. Domisili sesuai KTP dan berusia maksimal 22 tahun.

“Kami apresiasi berbagai langkah untuk memajukan pariwisata Lampung. Mereka ini luar biasa. Dengan kualitas SDM memadai, pariwisata Lampung akan tumbuh lebih pesat dari sebelum bencana. Sebab, modal berupa atraksi, aksesibilitas, dan amenitasnya sangat bagus,” tutup Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here