INDONESIATRAVEL.NEWS, PALEMBANG – Kota Palembang Sumatera Selatan (Sumsel) akan kembali menggelar sport tourism bertaraf Internasional. Namanya Palembang Triathlon 2019. Event yang akan dihelat 9-10 Februari 2019 dijamin seru. Nuana berbeda akan tersaji dalam event ini

Hingga saat ini, sekitar 400 peserta dari 8 negara sudah memastikan diri akan tampil. Mereka berasal dari Korea, Jepang dan beberapa negara Eropa. Para peserta akan bertarung dalam tiga jenis olahraga, yaitu renang, lari, dan sepeda.

Dalam event ini, Palembang akan menghadirkan triathlon dengan nuansa berbeda. Sebab, Kota Pempek tidak memiliki pantai, yang umumnya digunakan untuk nomor renang dalam triathlon.

“Meski tidak memiliki wilayah pantai, Jakabaring Sport City (JSC) memiliki danau yang memenuhi standar internasional. Palembang akan memberikan pengalaman berbeda dengan lokasi lainnya,” kata ketua penyelenggara Palembang Triathlon 2019, Juliany Nurdin, Kamis (31/1/2019).

JSC juga akan dijadikan sebagai rute lari para peserta. Sedangkan untuk balap sepeda, peserta bakal melintasi Jembatan Ampera yang merupakan ikon Kota Palembang.

“Palembang akan memberikan pengalaman berbeda dengan lokasi lainnya. Ada sejumlah kategori jarak yang dilombakan antara lain sprint distance, olympic distance, yang masing-masing untuk kategori individu dan relay. Kemudian ada kategori tag team relay, di mana masing-masing peserta melakukan renang, lari dan sepeda tapi dengan jarak yang lebih pendek,” urai Juliany.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani berharap Palembang Triathlon 2019 mampu membantu menciptakan ekosistem bagi perkembangan sports tourism di Palembang.

“Harapannya Palembang bisa jadi brand nasional untuk sports tourism,” tuturnya.

Apresiasi juga diberikan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya. Memang sudah selayaknya Palembang terus menggelar berbagai event sport tourism. Selain telah memiliki fasilitas yang lengkap, Palembang juga sudah memiliki nama sebagai penyelengara Asian Games 2018.

“Ini merupakan langkah tepat. Brand Palembang untuk sport tourism telah kuat. Ini harus dimanfaatkan untuk terus menggelar ajang sport tourism bertaraf internasional. Palembang harus mampu menjadi role model sport tourism,” ucap Menteri Arief.

Ia menambahkan, sport tourism merupakan langkah tepat untuk mendongkrak serta mempromosikan pariwisata Palembang.

“Sport tourism efektif karena nilai media value atau media branding-nya tinggi. Media value yang didapat minimal bisa dua kali lipat dari direct impact turis yang datang, karena dipromosikan oleh media nasional dan internasional sebelum, sesaat, dan sesudah acara. Tentu efeknya akan bagus bagi pariwisata Palembang,” ujar Menteri asal Banyuwangi tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here