www.INDONESIATRAVEL.NEWS– Konsep ngabuburit smart ditawarkan Kabupaten Ciamis. Program Spesial Ramadan 2018, Ngobrol Wisata dan Atraksi Seni, dirilis oleh Pasar Pematang Sawah, Selasa (12/6). Kegiatan ini juga diisi bazar kuliner.

Kawasan Blok Kuntul, Sidaharja-Baregbeg, Labok, Ciamis, dijamin jadi spot ngabuburit terbaik. Digelar mulai pukul 15.30 WIB, nuansa Ramadan semakin semarak dengan Ngobrol Wisata dan Atraksi Seni. Diinisiasi oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar), kegiatan ini akan memberikan motivasi dan pemahaman terkait potensi juga pariwisata alternatif.

“Event Spesial Ramadan 2018, Ngobrol Wisata dan Atraksi, sangat bagus. Ada transfer pengetahuan dan kegembiraan. Yang jelas, event ini jadi spot ngabuburit terbaik. Jadi jangan sampai terlewatkan,” ungkap Deputi Bidang Pemasaran I Kemenpar I Gde Pitana, Senin (11/6).

Untuk talk show, tema yang diangkat adalah ‘Pengembangan Potensi Daerah Dalam Rangka Pembentukan Tujuan Wisata Baru’. Talk show diharapkan membuka cakrawala baru baru masyarakat dalam menciptakan destinasi alternatif. Agenda ini juga diharapkan bisa mempromosikan Pasar Pematang Sawah.

Ada tiga narasumber yang dihadirkan. Dari Kemenpar diwakili oleh Kepala Bidang Pemasaran Area I Kemenpar Wawan Gunawan, lalu Budi Kurnia menjadi stakeholder pemerintah daerah. Generasi muda diwakili oleh Asep Zery Kusmaya yang juga penggerak wisata alternatif.

Pitana menambahkan, pengetahuan baru harus diberikan kepada masyarakat terkait pariwisata alternatif.

“Acara talk show dijamin menarik. Ada banyak informasi baru bermanfaat yang disampaikan. Sebab, pembicaranya mewakili elemen yang berkepentingan. Kami berharap masyarakat semakin tercerahkan setelah mengikuti agenda ini. Apalagi, kegiatan ini diisi dengan berbagai hiburan terbaik,” lanjutnya.

Acara hiburan yang padat sudah disiapkan. Menyambut kedatangan tamu, aksi helaran dan pencak silat disajikan. Setelah opening ceremony, ditampilkan kesenian Janeng khas Lakbok, Ciamis. Sebelum acara talk show selesai, aksi kesenian Angklung Tek Tek pun ditampilkan. Sembari menunggu acara berbuka puasa, pengunjung disuguhi performa Akustik Band.

“Paket lengkap memang sudah disiapkan dari agenda ini. Talk show tetap disampaikan secara menarik. Lalu, hiburan diberikan dengan mengedepankan kearifan lokal Ciamis. Wilayah ini memiliki banyak kesenian yang menjadi daya tarik kuat untuk menghadirkan wisatawan,” ujar Asisten Deputi Pemasaran I Regional II Kemenpar Sumarni.

Menyempurnakan Program Spesial Ramadan 2018, Ngobrol Wisata dan Atraksi Seni, juga menyediakan beragam kuliner terbaik. Bazar kuliner sudah disiapkan bagi para pengunjung dengan kekhasan menu terbaik Ciamis.

Kepala Bidang Pemasaran Area I Kemenpar Wawan Gunawan menjelaskan, sinergi positif dihadirkan untuk mengembangkan potensi parwisata alternatif Ciamis.

“Sinergi yang dibangun untuk mengembangkan pariwisata alternatif di Ciamis luar biasa. Ada 3 elemen yang kompak bersatu, seperti pemerintah pusat, daerah, dan masyarakat. Berbagai pemahaman harus ditanamkan kepada masyarakat. Sebab, potensi pariwisata Ciamis ini sangat besar. Kondisi ini harus bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat,” tutur Wawan.

Sosialisasi pariwisata dengan program Spesial Ramadan 2018, mendapat respon positif Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Menpar menerangkan, kesadaran akan potensi wisata daerah harus ditumbuhkan di masyarakat.

“Semua elemen harus memiliki kesepahaman. Hal ini sangat penting. Kami berharap publik Ciamis bisa memanfaatkan moment ini,” tutup Menpar. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here