INDONESIATRAVEL.NEWS – Promosi Pesona Indonesia melalui Pagelaran Musik, sukses mengangkat pariwisata Indramayu, Jawa Barat. Event yang digelar Jumat (11/5), sangat meriah. Sebab, beragam seni budaya juga dihadirkan.

Promosi Pesona Indonesia-Pagelaran Musik Indramayu digelar pukul 19.30 WIB. Lokasinya di Kampus Hijau Kaplongan, Yayasan Darul Ma’arif, Kaplongan. Tepatnya, di Jalan Raya Kaplongan, Nomor 28, Karangampel, Indramayu.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, Pagelaran Musik ini menjadi media promosi ideal untuk pariwisata Indramayu.

“Wilayah Indramayu terkenal dengan seni budayanya. Hal ini tentu menjadi potensi besar untuk menaikan jumlah kunjungan wisatawan. Event ini sangat bagus sebagai cara untuk mempromosikan berbagai potensi yang dimiliki Indramayu. Kemenpar sangat mendukung event ini,” ungkap Menpar.

Tema event ini adalah ‘Mempromosikan Indramayu Sebagai Daearah Tujuan Wisata Seni dan Budaya’. Beberapa artis Ibu Kota yang hadir adalah Reza d’Academy dan Ega d’Academy. Slot lokal pun diberikan kepada Zahfa Band. Ada juga Wawan Mawazier, Ria Zuhi, Iis Artisah, dan Avatar. Sejumlah siswa dan santri pun dilibatkan.

“Mengakomodir semua kalangan itu sangat bagus. Event ini terbuka bagi siapa saja. Kearifan lokal milik Indramayu bisa ditampilkan. Bersanding dengan seni budaya warna modern. Pokoknya event ini luar biasa,” terang Menpar lagi.

Event Promosi Pesona Indonesia-Pagelaran Musik Indramayu ini memang unik. Ada 3 aliran musik yang bertemu. Yaitu seni Hadroh, etnik Dermayon, dan music nasional. Hadroh ini merupakan seni music Islam yang menjadi budaya dan warna lain Indramayu. Seni Hadroh ini akan dibawakan oleh siswa dan santri dari Indramayu.

“Bertemunya seni tradisional dan modern di event ini tentu sangat menarik. Inilah keistimewaan yang dimiliki oleh Indramayu beserta event Promosi Pesona Indonesia ini. Kami optimistis target kunjungan wisatawan di event ini akan terpenuhi. Sebab, hiburan yang ditawarkan bagus,” tutur Deputi Bidang Pemasaran I Kemenpar I Gde Pitana.

Event ini sebenarnya menjadi agenda tahunan. Sebab, Event Promosi Pesona Indonesia-Pagelaran Musik Indramayu menjadi rangkaian Akhirussanah Yayasan Darul Maarif. Untuk tahun ini, kunjungan 10.000 wisatawan jadi target.

Asisten Deputi Pemasaran I Regional II Kemenpar Sumarni mengatakan, event seperti ini bagus untuk mendorong pergerakan ekonomi di daerah.

“Event-event seperti ini bagus, khususnya bagi perekonomian masyarakat. Di situ ada perputaran bisnis yang besar. Ujungnya, masyarakatlah yang ikut menikmatinya juga. Dengan event seperti ini otomatis akan mendorong berkembangnya industri kreatif di Indramayu,” kata Sumarni.

Meski baru dibuka pukul 19.30 WIB, kemeriahan sudah digelar sejak siang. Sejak pukul 13.30-16.00 WIB, Pagelaran Seni Siang digulirkan. Menunya terdiri dari Pentas Seni Siswa dan Santri hingga Pagelaran Seni Artis Lokal.

“Event ini menjadi momentum yang tepat bagi Indramayu untuk mengenalkan potensinya. Komposisi yang disiapkan sudah ideal. Kami gembira, sebab event ini menjadi kerja bersama beberapa elemen,” ujar Kepala Bidang Pemasaran Area I Kemenpar Wawan Gunawan.

Event Pagelaran Musik Indramayu ini menjadi puncak promosi wisata Indramayu. Agenda promosi ini digelar mulai 5-12 Mei 2018 yang diprakarsai Yayasan Darul Ma’arif Kampus Hijau. Menjadi sistem besar, yayasan ini memiliki 9 lembaga. Lembaga itu, yaitu TK NU, SD NU, SMP NU, SMP NU DM, dan SMA NU. Ada juga SMK NU, SMK NU Maritim dan Pariwisata Kaplongan, STKIP NU Indramayu, serta Pondok Pesantren Darul Maarif.

“Yayasan Darul Ma’arif ini luar biasa. Sangat menginspirasi dan peduli terhadap kemajuan Indramayu. Mereka member ruang bagi berbagai latar belakang seni budaya tumbuh. Lalu, imbasnya positif bagi pariwisata dan perekonomian Indramayu. Kami gembira karena Indramayu solid,” tegas Anggota Komisi X DPR RI Dedi Wahidi.

Menganut konsep pentahelix, dukungan mengalir dari berbagai pihak. Selain Kementerian Pariwisata, support juga diberikan Yayasan Darul Ma’arif sebagai penyelenggara. Support juga diberikan Anggota Komisi X DPR RI untuk wilayah Indramayu. Bupati Indramayu Anna Sophannah menuturkan, progress pariwisata di wilayah Indramayu sangat positif dengan beragam dukungan promosi.

“Event ini menjadi sinergi bersama berbagai stakeholder. Kami gembira dengan kepedulian berbagai pihak untuk terus mempromosikan pariwisata Indramayu. Dengan konsep seperti ini, kami yakin pariwisata Indramayu akan semakin maju ke depan,” pungkasnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here