INDONESIATRAVEL.NEWS-Menteri Pariwisata Arief Yahya nggak pernah berhenti mengajak kita mengeksplorasi wisata di daerah masing-masing. Ada alasannya guys. Bumi Nusantara itu memiliki kekayaan alam dan kerarifan lokal yang sayang banget kalau dilewatkan begitu saja.

“Pariwisata itu dampak ekonominya tak main-main. Bisa mendatangkan manfaat bagi daerah setempat. Pariwisata juga merupakan komoditas yang paling berkelanjutan dan menyentuh hingga ke level bawah masyarakat. ” ujar Pak Menpar (31/5).

Nah, liburan #PesonaMudik2018 ini, waktunya mengeksplor wisata di daerah masing-masing. Buat kamu yang mudik ke Madiun, di sana banyak  #PesonaDestinasiLebaran2018 yang bisa kamu datangi. Jangan lupa foto-foto dan viralkan di medsos masing-masing. Dengan begitu, kamu turut membuat destinasi tersebut makin ngehits. Kalau semakin terkenal, destinasi itu pasti banyak dikunjungi. Makin banyak wisatawan, makin banyak pendapatan daerah. Kamu bisa berbangga deh, sudah jadi aktivis pariwisata.

Berikut ini #Top10DestinasiMudikLebaran yang bisa kamu datangi di Madiun.

Monumen Kresek

Kalau kamu suka wisata sejarah, monumen Kresek adalah pilihan yang baik. Berjarak 8 km ke arah timur Madiun, bangunan ini adalah kenangan tragedi politik berdarah tahun 1948. Di situ kamu bisa melihat diorama dan relief-relief mengenai runtutan terjadinya peristiwa itu.

Situs Bersejarah Nglambangan

Satu lagi destinasi yang bisa memuaskan rasa penasaran kamu akan sejarah masa lalu negeri ini.  Berlokasi di desa Nglambangan, kecamatan Wungu, di situs ini terdapat sejumlah peninggalan jaman Majapahit.

Ada sejumlah bangunan dan artefak yang masih terjaga sampai sekarang. Beberapa di antaranya adalah Pura Lambangsari, Watu Dakon yang biasa digunakan untuk menyimpan pusaka, punden, lumbung, sumur kuno, serta Sendang Jambangan.

Sun City Water and Theme Park

Kalau mau destinasi wisata yang bikin happy, datang saja Sun City Water and Theme Park. Cocok untuk keluarga, tempat ini ramai di masa liburan. Sun City Water and Theme Park menyediakan berbagai wahana air yang bisa kamu nikmati bersama keluarga. Nggak hanya wahana air, di Sun City Water and Theme Park juga terdapat sejumlah wahana untuk balita loh. Lengkap, kan?

Makam & Masjid Kuno Taman

Makam dan Masjid Kuno Taman adalah peninggalan sejarah yang berada di Kelurahan Taman, Madiun. Nama lain dari masjid ini adalah Masjid Donopuro atau Masjid Besar Kuno Madiun. Masjid ini dibangun oleh Kiai Ageng Misbach atau Kiai Donopuro tahun 1754. Masjid yang semula bernama Masjid Donopuro ini didirikan di tanah perdikan (daerah bebas pajak) Kerajaan Mataram. Setelah masjid kuno yang dikelilingi makam para mantan bupati Madiun ini masuk dalam daftar peninggalan cagar budaya tahun 1981, namanya pun diganti menjadi Masjid Besar Kuno Madiun.

Dumilah Water Park

Ini satu lagi pilihan wahana permainan yang bisa kamu nikmati bersama keluaga. Lokasinya di pusat kota Madiun. Jadi sangat mudah diakses. Nggak hanya menyediakan kolam renang dan wahana air, di sini juga terdapat sejumlah kolam pancing yang siap untuk menghapus dahaga para ‘mancing mania’.

Waduk Bening Widas

Selain dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik dari aliran Sungai Brantas, waduk ini juga dijadikan sebagai salah satu objek wisata Andalan Kabupaten Madiun.

Selain menikmati pemandangan permukaan waduk yang dikelilingi hutan, kamu juga bisa melakukan berbagai kegiatan seperti memancing, bermain banana boat, sampai keliling waduk naik perahu.

Air Terjun Seweru

Air Terjun Seweru yang terletak di Dusun Seweru, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, ini pantang dilewatkan. Untuk sampai ke tempat ini dibutuhkan perjuangan yang cukup keras, namun semua usaha kamu akan terbayar lunas oleh keindahan yang dimiliki Air Terjun Seweru.

Air Terjun Krecekan Denu

Air Terjun Krecekan Ndenu berada di Dusun Gilingan, Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Untuk menuju ke lokasi air terjun ini, kamu dimudahkan dengan jalan yang sudah beraspal. Meskipun debit airnya tidak begitu deras namun air terjun setinggi kurang lebih 20 meter ini memiliki keindahan yang nggak boleh lewatkan.

Air Terjun Banyuwale

Air terjun lagi guys! Yang ini berada tepat di balik lereng Pegunungan Wilis. ini Suasana sejuk khas pegunungan bakal membuat kamu rileks sejadi-jadinya.

Sudah jamak dikunjungi wisatawan, di sekitar kawasan air terjun ini banyak warung makanan. Jadi kamu nggak perlu repot bawa bekal.

Wana Wisata Grape

Manu ngerasain berjalan di bawah pepohonan rindang? Enak banget pastinya yah, guys! Apa lagi sambil menghirup segarnya udara hutan. Pokoknya mantap deh. Kamu bisa kok mendapatkan itu semua di Madiun. Cukup datang saja ke Wana Wisata Grape. Lokasinya 15km dari Kota Madiun, atau tepatnya di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun.

Ini adalah tempat yang cocok untuk merelaksasi pikiran.  Banyak hal yang bisa dilakukan di sini. mulai Kamu bisa bersepeda, hiking, main di sungai sampai berkemah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here