www.INDONESIATRAVEL.NEWS, JAKARTA – Menteri Pariwisata Arief Yahya kembali mengingatkan masyarakat untuk mengikuti gelar Lomba Foto dan Cerita Wastra Nusantara di 10 Bali Baru. Menurutnya, pecinta fotografy wajib ambil bagian pada event tersebut mengingat hadiahnya sangat besar. Total Rp300 juta untuk 18 pemenang!

Sesuai judul kegiatan, bembuatan karya harus dilakukan di salah satu tempat dari 10 Bali Baru. Foto wajib menggunakan objek model (manusia). Boleh menggunakan kain nusantara dari daerah setempat, atau bisa juga dari provinsi lain. Usahakan dengan kreasi pemakaian semenarik mungkin.

Koordinator Lomba Nur M. Ahmad mengatakan, peserta juga harus membuat cerita singkat dan menarik tentang destinasi serta kain yang digunakan. Karya yang diikutkan dalam lomba kemudian diposting di Instagram dan Facebook, lalu viralkan di Twitter.

Untuk mekanisme unggahan di Instagram, Facebook dan Twitter, akun peserta tidak boleh di-private. Peserta wajib follow dan mention akun @kemenpar dan @pesonaid_travel. Terkait caption, idealnya mencakup nama destinasi, nama kain dan daerah asal, serta cerita menarik tentang destinasi dan kain tersebut.

“Jangan lupa gunakan hestek #LombaFotoDanCeritaWastraNusantaraDi10BaliBaru, #PesonaWastraNusantaraDi10BaliBaru, #PesonaWastraNusantara, dan #TheHeartOfWonders,” ujarnya, Kamis (31/1).

Lomba dibuka sejak 20 Desember 2018, dan ditutup pada 7 Maret 2019. Masih ada waktu cukup lama. Masyarakat punya kesempatan seluas-luasnya untuk mempersiapkan konsep dan membuat karya terbaiknya.

Terpenting, foto harus berwarna. Karya orisinal, tanpa bingkai dan watermark. Foto dan cerita tidak mengandung unsur SARA, pornografi, politik, dan hoax. Yang pasti, foto dan cerita belum pernah menjuarai lomba lain. Yang menarik, setiap peserta boleh ikut lebih dari satu foto dan cerita. Penyuntingan (editing) minor boleh dilakukan, namun hanya sebatas cropping, koreksi kontras dan warna.

Mengenai hadiah, Juara 1 berhak atas uang tunai sebesar Rp100 juta, Juara 2 mendapat Rp30 juta, dan Juara 3 memperoleh Rp20 juta. Selain itu, akan dipilih juara kategori The Best Photo, The Best Story, serta The Best Promotion di Instagram, Facebook dan Twitter yang masing-masing mendapat Rp10 juta. Nilai yang sama juga diberikan untuk 10 pemenang di kategori The Best 10 Bali Baru.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan, Indonesia kaya dengan kain tradisional (wastra) yang tersebar di seluruh nusantara. Wastra menjadi bagian penting dalam budaya banyak suku di Indonesia. Kekayaan wastra Indonesia ini bukan hanya harus dilestarikan, tetapi juga wajib diperkenalkan dan dipromosikan.

“Kreativitas kain-kain tradisi budaya nusantara itu bisa terus dipamerkan, dikomersialkan dan dipromosikan untuk memperkuat destinasi wisata. Sebab, kain-kain unggulan warisan budaya itu menjadi bagian dari Pesona Indonesia,” tegasnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here