www.INDONESIATRAVEL.NEWS– Pariwisata Indonesia kembali mendapatkan pengakuan internasional. Kali ini, The Best Awards 2018 dari Travel and Leisure. Tepatnya kategori The Best Island in The World. Dalam situsnya, Selasa (10/7), travelandleisure.com menyebut Pulau Jawa sebagai yang terbaik di dunia.

Awards ini sangat spesial buat pariwisata Indonesia. Sebab, penghargaan itu diumumkan travelandleisure.com mendekati momentum Asian Games2018. Selain itu, Indonesia juga sedang bersiap menggelar Annual Meeting IMF-World Bank.

Travelandleisure.com adalah situs yang menjadi rujukan traveler dunia untuk bepergian. Situs ini memuat referensi tentang destinasi di sebuah negara. Termasuk bagaimana transportasi menuju lokasi. Rujukannya adalah para pembaca dan traveler.

Dalam artikelnya, travelandleisure.com menyebut jika survei World’s Best Awards mereka dilakukan setiap tahun.

“T+L bertanya kepada pembaca mengenai pengalaman travel mereka berkeliling dunia. Pembaca diajak untuk share opini mereka mengenai top kota, pulau, kapal pesiar, pesawat terbang, dan lainnya. Pembaca juga menilai pulau berdasarkan aktivitas, atraksi natural, pantai, makanan, keramahan, serta nilai keseluruhan,” tulis travelandleisure.com di situsnya.

Tahun ini, pembaca travelandleisure.com memilih Pulau Jawa sebagai yang terbaik. Yang lebih hebat, posisi kedua dan ketiga juga dikuasai Indonesia. Yaitu melalui Bali yang menempati posisi 2 serta Pulau Lombok di tempat ketiga. Berturut-turut dibelakang Indonesia adalah Maladewa, Waiheke Selandia Baru, dan Palawan Filipina.

Dominasi Indonesia ini sangat mengejutkan. Karena, mampu mengalahkan Pulau Palawan yang menjadi juara tahun 2013 dan 2017. Keindahan Maladewa juga tidak mampu menghadapi tiga pulau di Indonesia.

“Faktanya, Indonesia memiliki pulau yang bisa membawa kebahagiaan dan berguna buat ilmu pengetahuan, dan Indonesia mengklaim tiga tempat teratas sebagai tempat membuat orang enjoy untuk berkunjung,” tulis artikel itu.

Prestasi ini semakin dilengkapi dengan terpilihnya 5 hotel di Indonesia dalam daftar Top 100 Hotel In The World oleh travelandleisure.com. bahkan, 3 hotel diantaranya masuk dalam Top 10. Yaitu Four Seasons Resort Sayan Bali di posisi 1, The Mulia Bali posisi 6, dan Nihi Sumba NTT peringkat 9. Sementara Amandari Bali ada diperingkat 12, dan Alila Manggis Bali di strip 93.

Penghargaan kelas dunia ini mendapat sambutan luar biasa dari Menteri Pariwisata Arief Yahya. Dijelaskannya, penghargaan ini akan menambah kepercayaan diri Indonesia yang akan menggelar Asian Games dan Annual Meeting IMF-World Bank.

“Penghargaan ini memiliki nilai yang sangat luar biasa. Hal ini membuktikan jika potensi pariwisata yang dimiliki Indonesia telah merata. Sebab sebelumnya, award didominasi Bali dan Lombok. Penghargaan ini juga bagus bagi Bangsa Indonesia yang sedang bersiap menjadi tuan rumah Asian Games dan Pertemuan Tahunan IMF-World Bank,” paparnya.

Yang tidak kalah penting, award dari Travel and Leisure akan memperkuat 3C (Confidence, Credibility, dan Calibration).

“Award akan menaikkan tingkat kepercayaan (confidence level) kita. Penghargaan pada dasarnya adalah sebuah legitimasi atau pengakuan. Bila kita mendapatkan penghargaan, maka self confidence kita akan naik,” paparnya.

Dijelaskannya, award akan menjadi marketing terbaik dan efektif. Termasuk meningkatkan kredibilitas (credibility).

“Jika dikomunikasikan dengan baik, award yang kita peroleh dapat menjadi cara marketing yang paling efektif untuk image. Kita tidak perlu bersusah payah menyampaikan keunggulan yang kita miliki. Orang lainlah yang menyatakannya,” paparnya.

Selain itu, award juga menjadi tolok ukur terhadap yang kita kerjakan. “Sebuah penghargaan juga bermanfaat untuk menera apakah yang kita lakukan sudah benar. Sekaligus, mengetahui posisi kita dibandingkan dengan yang lain. Menera berarti melakukan pengukuran apakah yang kita lakukan sudah pada dalam track yang benar atau tidak. Dan pengukuran ini menjadi penting, karena bila tak bisa mengukur, maka kita tidak bisa mengelola,” terang Menpar.

Menurutnya, award dari travelandleisure.com juga menjadi bukti jika Indonesia indah. Indonesia mampu bersaing dengan dunia internasional. Penghargaan ini juga bisa meningkatkan self confidence. “Dan pada akhirnya, akan berdampak pada peningkatan spirit kerja, bahkan kepada seluruh bangsa Indonesia,” katanya.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here