INDONESIATRAVEL.NEWS, JAKARTA – Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), kembali memancarkan pesonanya. Gambaran keindahan Labuan Bajo membuat Komik Si Juki edisi Jalan-Jalan Nusantara: Petualangan di Labuan Bajo-Flores laris manis. Si Juki edisi ini masuk top 3 best seller komik Elex Media di bulan Januari 2019.

“Komik Si Juki Petualangan di Labuan Bajo menjadi promosi efektif bagi kaum milenial. Ceritanya ringan dan menarik dengan background yang menceritakan keindahan labuan Bajo. Sebuah perspektif berbeda dari sebuah promosi pariwisata,” ujar Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores, Shana Fatina, Selasa (19/2).

Sentuhan milenial terbukti sangat pas di komik tersebut. Bumbu tersebut membuat komposisi yang menggoda untuk di baca oleh kaum milenial. Makin asik, komik tersebut berhasil menterjemahkan keindahan Labuan Bajo lewat sudut pandang yang anti mainstream.

Sejatinya, komik tersebut menceritakan petualangan Si Juki bersama sahabatnya Mang Awung ke Labuan Bajo. Mereka bertugas menyelesaikan sebuah misi rahasia. Dalam menjalankan misi rahasia tersebut, mereka menjelajah berbagai destinasi di Labuan Bajo. Mulai dari Bukit Cinta, Gua Batu Cermin, Pulau Padar, Pink Beach, hingga Taman Nasional Pulau Komodo. Bahkan mereka banyak menemukan destinasi – destinasi anti mainstream yang instagramable dalam petualangan tersebut.

“Tak dapat dipungkiri, banyak hal yang menakjubkan jika berpetualang di Labuan Bajo. Disamping keindahan alamnya yang luar biasa, kekayaan budaya yang sangat beragam, begitu juga keramah tamahan masyarakatnya. Itu semua diterjemahkan dengan baik di komik ini,” ucap Shana.

Bagi Menteri Pariwisata Arief, komik ini merupakan cara pintar untuk masuk ke generasi milenial. Komposisisnya pas. Penyajiannya pun masih dengan gaya khas si Zuki yang jenaka dan usil. Apalagi komik si Juki mempunyai basis penggemar tersendiri. Komunitasnya sangat besar. Hal ini lah yang membuat komik ini laku di pasaran.

“Ini menjadi penting karena untuk berkomunikasi dengan generasi milenial memang harus dibuat dengan cara tak biasa. Gayanya juga harus milenial, anti mainstream,” ucap Menpar Arief.

Arief menambahkan, komik ini merupakan edisi pertama dari 10 edisi yang akan diterbitkan. Materinya mengangkat keindahan 10 Bali Baru. Setelah seri pertama ini, segera menyusul seri kedua yang akan membahas tentang kecantikan Tanjung Kelayang di Bangka Belitung.

Selain itu, delapan destinasi lainnya juga sudah disiapkan. Dari mulai Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Candi Borobudur, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Mandalika, Pulau Morotai, serta Taman Nasional Wakatobi. Di mana kesemua destinasi tersebut masuk dalam 10 destinasi wisata prioritas Indonesia.

“Semoga komik ini menjadi acuan bagi generasi milenial akan keindahan Nusantara. Dan pastinya semakin banyak generasi muda yang melek dengan destinasi wisata di Indonesia. Indonesia itu juara. Salam Pesona Indonesia,” ucap Menteri asal Banyuwangi itu. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here