Jakarta – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif /Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mengajak pelaku usaha kuliner Tanah Air mengikuti ajang Food Startup Indonesia (FSI) sebagai salah satu cara untuk tetap produktif di tengah pandemi COVID-19.

Digelar setiap tahun sejak 2016, FSI membuka kesempatan bagi pelaku usaha subsektor kuliner untuk mencari, memaksimalkan potensi, membentuk ekosistem, hingga membuka akses fasilitas, dukungan pemerintah, serta akses pada sumber pembiayaan.

“Di tengah merebaknya wabah virus corona saat ini, Kemenparekraf/Baparekraf mengajak para pengusaha subsektor kuliner Indonesia untuk tetap produktif dengan ikut berpartisipasi dalam kegiatan FSI 2020,” ujar Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf, Fadjar Hutomo dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (19/4/2020).

_Open Submission FSI 2020 Call-out_ akan dimulai pada 20 April 2020 melalui pengisian _fact sheets_ pada website _www.foodstartupindonesia.com_ yang berlangsung hingga 31 Mei 2020.

Selanjutnya akan dilakukan kurasi terhadap 1.000 pelaku ekonomi kreatif berdasarkan data dan kelengkapan _factsheet_ yang dibutuhkan untuk mendapatkan fasilitas Open Access Tools berupa; Ultra Online Advance Module; dan AIO POS & Accounting Appforum pelaku usaha kuliner.

Dalam Open Access Tools, kata Hafifah, peserta FSI akan memperoleh bimbingan dan arahan dari para ahli di subsektor kuliner seperti _chef_, praktisi kuliner, _business development_ perusahaan, dan investor terkait pengembangan bisnis model usaha masing-masing peserta.

Selanjutnya peserta FSI akan mengirimkan _pitchdeck_ untuk dikurasi dan mereka yang masuk sebagai finalis berhak mengikuti kegiatan _Demoday_ FSI 2020 yang rencananya akan dilaksanakan di Yogyakarta pada 21 – 24 Juli 2020. _Demoday_ FSI merupakan kegiatan _mentoring_ dan _pitching_ forum pelaku usaha kuliner.

Peserta _Demoday_ FSI 2020 berkesempatan mengikuti _direct mentoring_, _business coaching_, mendapat akses permodalan, sekaligus akses pemasaran.

“Pelaksanaan FSI tahun-tahun sebelumnya telah menunjukkan hasil yang signifikan, sehingga tahun ini dilaksanakan kembali FSI 2020 untuk pengembangan kapasitas dan akses pembiayaan bagi pelaku usaha subsektor kuliner di Indonesia,” kata Fadjar.

Ajang FSI digelar pertama kali pada 2016 dan kali ini memasuki tahun ke-5 penyelenggaraan. Pada penyelenggaraan FSI 2019 tahun lalu diikuti 719 pendaftar dan ditetapkan sebanyak 50 startup kuliner yang lolos seleksi dan berhak mengikuti Demoday FSI 2019 yang berlangsung di Surabaya.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here