SANGGAU – Kabupaten Sanggau bersiap kembali memanaskan border area. Daerah di Kalimantan Barat itu akan menjaring wisatawan crossborder asal Serawak, Malaysia. Momen yang akan dimanfaatkan adalah Parade Seni dan Tradisi, 3-7 April mendatang. Yang membuat seru, event ini akan dimeriahkan nyanyian dan goyangan heboh Iva Loloa, ex Trio Macan.

Parade Seni dan Tradisi adalah event tahunan Pemerintah Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Acara ini digelar untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Sanggau ke-403. Beragam acara akan memeriahkan Parade Seni dan Tradisi.

Hal tersebut disampaikan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani, Senin (1/4).

“Kementerian Pariwisata memang sedang giat menggelar berbagai acara di border area. Karena border menjadi ujung tombak untuk merealisasikan target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara di tahun 2019. Makanya, kita mendukung kegiatan di border area yang berpotensi mendatangkan wisatawan mancanegara, termasuk wisatawan border,” tutur Rizki.

Ditambahkannya, keseruan dijamin terjadi dalam event ini. Karena, agendanya banyak. Juga, melibatkan beberapa nama besar sebagai daya tarik. Seperti penyanyi dangdut ex Trio Macan, Iva Lola.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Adella Raung, membenarkan hal itu.

“Dalam usia yang ke-403, Sanggau akan memberikan rangkaian acara yang dijamin akan memuaskan siapapun pengunjung yang datang. Terlebih, akan ada penampilan dari mantan personel ex Trio Macan Iva Lola. Jadi dipastikan event ini akan seru dan meriah,” papar Adella.

Atraksi wisata yang sudah disiapkan untuk Parade Seni dan Tradisi antara lain Lomba Perahu Naga, Terabas Bidar, dan Olahraga Tradisional Masyarakat.

Namun, Kabid Pemasaran Area III Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II Kementerian Pariwisata Sapto Haryono mengatakan kegiatan event ini jauh lebih banyak.

“Rangkaian kegiatan HUT Sanggau sangat banyak. Ada Napak Tilas Sejarah Kota Sanggau, Makan Berami (makan bersama dikampung wisata), Lomba Olahraga Tradisional, Lomba Mancing Mania , Lomba Sampan Ulang Uli, Lomba Masak Masakan Tradisional, Pameran Pembangunan, Hiburan Rakyat dan Pagelaran Seni Kolaboratif. Banyak kan? Makanya kita yakin event ini akan ramai,” katanya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga mendukung gelaran tersebut. Menpar berharap persiapan dilakukan dengan maksimal.

“Kita akan dukung event-event yang berpotensi mendatangkan wisatawan mancanegara. Apalagi digelar di border area. Persiapkan event tersebut dengan serius. Masih ada waktu sebelum acaranya digelar,” kata Menpar.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here