www.INDONESIATRAVEL.NEWS-Rakornas Pariwisata I di Bali, 22-23 Maret, dipastikan seru. Semua pasar besutan Generasi Pesona Indonesia (GenPI) bakal diboyong ke Bali. Salah satunya, Pasar Kaulinan, Banten yang sudah diluncurkan Minggu (18/3).

Buat Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Banten, Pasar Kaulinan adalah destinasi digital kedua mereka. Sebelumnya, GenPI Banten telah lebih dulu menghadirkan Pasar Bekelir. Yang ingin ke sana, silakan googling Menes Banten. Ketik Jalan Raya Labuan Km 11. Kp Naggorak – Cibadak, Desa Alaswangi, Kecamatan Menes, Pandeglang, Banten. Dijamin sampai.

“Pasar Kaulinan menjadi pasar kedua yang kita luncurkan. Target kami jelas membantu pemerintah dalam mengembangkan serta mempromosikan pariwisata,” kata ketua GenPI Banten Nisaul Hasanah, Selasa (20/3).

Peluncuran destinasi digital baru ini juga meriah loh. Atraksi seni budaya ditampilkan untuk membuat seru suasana. Selain itu, tampil juga rampak bedug. Juga serta tari-tarian khas Banten. Belum lagi permainan tradisonal seperti enggrang.

Menemani suasana, kuliner lokal khas Banten juga menyapa. Dari mulai Kue Balok, Emping Melinjo, Kue Apem, bahkan opak pun ada. Apa lagi pembukaannya diresmikan Kepala Dinas Pariwisata Banten, Eneng Nurcahyati.

Pasar Kaulinan memang paten. Konsepnya keren. Yaitu menghadirkan nuansa culture dan nature. Balutan nuansa kekinian menjadi bumbu penyedapnya. Spot fantastik penuh warna berpadu apik dengan indahnya alam pedesaan. Menjadikan Pasar Kaulinan begitu menarik untuk disambangi.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengatakan, destinasi digital ala anak-anak GenPI sangat efektif menumbuhkan kesadaran wisata masyarakat. Dengan kehadiran pasar tersebut potensi pariwisata daerah akan semakin terbuka. Sehingga perekonomian masyarakat juga ikut terdongkrak.

“Ini merupakan sinergi yang luar biasa. Antara GenPI dan Dinas Pariwisata. Kami akan terus mendukung sehingga seluruh potensi pariwisata Provinsi Banten terus terangkat. Ke depan, kolaborasi ini akan makin kita angkat lagi,” kata Eneng.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun ikutan happy. Tanpa segan Menpar pun memberikan dua jempol atas rencana pembukaan Pasar Kaulinan.

“Selamat kepada GenPI Banten atas pembukaan Pasar Kaulinan di Menes, Pandeglang Banten. Yang bagus ya. Menes itu asal orang tua saya loh,” kata Menpar.

Menpar pun kembali mengingatkan kembali untuk terus berkreasi sehingga potensi pariwisata daerah dapat terus terdongkrak.

“Selalu ingat 2C, sebagai komunitas harus memiliki Creative Values dan Commercial Values. Belajar berkolaborasi, belajar services, belajar berbisnis melalui Digital Destination. Sehingga nantinya creatifitas ini dapat menghasilkan nilai ekonomi bagi masyarakat,” terang Mantan Dirut PT Telkom tersebut.

Menpar juga mengapresiasi komitmen kuat dari Kadispar Provinsi Banten yang terus membina Genpi.

“Tetap semangat dan terimakasi kepada Kadispar Banten Ibu Eneng Nurcahyati yang terus membina GenPI Banten. Kapan lagi kita mendharma bhaktikan keilmuan dan keahlian kita buat para penerus bangsa? Salam Pesona Indonesia. Salam #Genpi Gasss,“ ujar Menpar Arief Yahya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here