www.INDONESIATRAVEL.NEWS-National Flag Carrier Garuda Indonesia secara resmi membuka rute penerbangan Jakarta-Sorong PP. Peresmian dilakukan Sabtu (10/3) lalu.

Pembukaan rute ini dilakukan untuk memperluas akses ke ujung timur Indonesia. Termasuk menggenjot kunjungan wisatawan ke sejumlah destinasi unggulan seperti Raja Ampat.

Peresmian layanan penerbangan ini dilakukan Direktur Marketing & IT Garuda Indonesia Nina Sulistyowati dan Walikota Sorong Lambert Jitmau. Lokasinya di Bandar Udara Domine Eduard Osok, Kota Sorong.

“Kota Sorong merupakan kota keenam di Provinsi Papua yang kami layani. Sebelumnya ada Biak, Jayapura, Timika, Merauke, dan Manokwari. Kami harap dengan banyaknya pilihan rute ke berbagai kota di Papua, akan semakin menggerakan dan meningkatkan ekonomi lokal,” jelas Nina, Senin (12/3).

Penerbangan Jakarta-Sorong PP dilayani satu kali setiap harinya. Pesawat yang digunakan jenis B737-800NG, dengan kapasitas 162 tempat duduk (12 kelas bisnis dan 150 kelas ekonomi).

Penerbangan dari Jakarta menuju Sorong tersebut akan dilayani dengan menggunakan GA 682 yang akan berangkat dari Jakarta (Bandar Udara Soekarno-Hatta) pada pukul 00.20 WIB. Pesawat akan tiba di Bandar Udara Domine Eduard Osok, Sorong, pada pukul 06.35 WIT.

Sedangkan penerbangan dari Sorong menuju Jakarta akan dilayani dengan menggunakan GA 683. Pesawat ini berangkat dari Sorong pada pukul 07.25 WIT, dan akan tiba di Jakarta pada pukul 08.55 WIB.

Nina Sulistyowati mengatakan, rute ini akan semakin memudahkan wisatawan untuk dapat menjangkau kawasan wisata bahari. Seperti Raja Ampat yang sudah sangat terkenal di dunia.

“Selain objek wisata Raja Ampat, secara geografis Kota Sorong sangat strategis. Karena, merupakan kota terbesar di wilayah Papua Barat dan juga merupakan kota industri dan perdagangan. Selain akan semakin mengembangkan potensi wisata, tentunya juga akan semakin memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha yang akan melakukan perjalanan dari dan ke Ibu Kota Jakarta,” tutur Nina.

Sebelumnya, Garuda Indonesia telah melayani penerbangan ke Sorong melalui beberapa kota di Indonesia. Yaitu Makassar-Sorong, Manado-Sorong, dan Ambon-Sorong PP.

Ketiga penerbangan itu melayani setiap hari satu kali dengan menggunakan pesawat jenis Bombardier CRJ1000NG berkapasitas 96 tempat duduk (all economy class).

Kota Sorong sendiri memiliki luas sekitar 1.105 km2 dan merupakan kota terbesar di wilayah Papua Barat. Atau, kota terbesar kedua di Pulau Papua setelah Jayapura.

Selain kawasan wisata Raja Ampat yang sangat terkenal, secara geografis Kota Sorong sangatlah strategis karena merupakan pintu keluar masuk dan transit ke Provinsi Papua Barat.

Bagi Menteri Pariwisata Arief Yahya, akses udara memegang peranan penting untuk menggenjot kunjungan wisatawan ke Indonesia. Dibukanya rute baru Jakarta-Sorong ini, akan memberikan dampak pada kunjungan ke Raja Ampat.

“Hampir 80% wisman masuk ke Indonesia melalui transportasi udara. Sisanya melalui laut ke Kepri, dan crossborder land, sehingga aksesibilitas udara menjadi Key Success Factor (KSF) bagi pencapaian target kunjungan wisman. Terima kasih Garuda Indonesia,” ujar Menpar Arief Yahya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here