www.INDONESIATRAVEL.NEWS– Ajang sport tourism kembali menjadi ujung tombak untuk mendukung kepariwisataan. Terbaru, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) akan mendukung Padjadjaran Fun Bike 2018. Event ini akan digelar di Kota Bandung, Jawa Barat. Tepatnya Sabtu 14 Juli 2018.

Event tersebut merupakan besutan Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran (IKA Unpad). Padjadjaran Fun Bike 2018 dijamin paten. Sebab, peserta akan dibawa bersepeda santai menyusuri jalan-jalan Kota Bandung. Selain itu, peserta diajak menjaga lingkungan dari sampah plastik. Sekaligus mendukung program Citarum Harum.

Menurut Ketua Pelaksana Kegiatan, Ari Wibowo, Padjadjaran Fun Bike 2018 digelar memang untuk mengedukasi masyarakat tentang kebersihan lingkungan. Selain itu, untuk mempererat tali silahturahmi antar alumni dan civitas akademika Universitas Padjadjaran.

“Banyak hal yang akan kita tonjolkan pada event ini. Selain untuk mempererat tali silahturahmi antar alumni serta civitas akademika Universitas Padjadjaran. Event ini juga bertujuan mengedukasi masyarakat tentang kebersihan lingkungan. Sehingga dapat membantu mewujudkan program Citarum Harum,” kata Ari Wibowo, Senin (21/5).

Uniknya, edukasi dilakukan melalui kuis-kuis interaktif. Hadiah yang disuguhkan pun cukup menarik. Selain itu panitia juga menyiapkan reward untuk 10 peserta yg dinilai bagus menurut kriteria yang telah ditetapkan panitia.

“Target kita, jumlah peserta yang akan mengikuti event ini sekitar 1.000 peserta. Terdiri dari 70% Keluarga Universitas Padjadjaran, serta 30% Umum. Dengan biaya pendaftaran Rp 50.000, peserta akan mendapatkan kaos, snack, dan air minum,” ucap Ari.

Ari menambahkan, event ini akan rutin dilaksanakan setiap tahun. Sehingga, menjadi event yang berkelanjutan. Edukasi untuk pola hidup sehat pun dapat terus dilakukan. Ari tak lupa berterima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat. Baik pemerintah, lembaga dan masyarakat.

“Ini merupakan event pertama dan akan berlanjut di tahun berikutnya dengan peserta yang lebih banyak lagi. Apalagi dengan banyaknya dukungan dari berbagai pihak, terutama yang terlibat langsung sebagai peserta,” imbuh Ari.

Kepala Bidang Pemasaran Area I Kementerian Pariwisata, Wawan Gunawan mengatakan, event ini sangat positif. Karena, bertujuan mengedukasi masyarakat untuk berperilaku hidup sehat.

Dengan mengedukasi pesertanya untuk peduli dan menjaga lingkungan sekitar dari sampah-sampah. Hal ini tentu sejalan dengan program Kemenpar yang menitik beratkan pariwisata yang berkesinambungan.

“Tujuan event ini sangat positif. Yaitu menjadikan masyarakat Kota Bandung dan sekitarnya peduli dan menjaga lingkungan. Terutama keluarga besar Universitas Padjadjaran. Diharapkan pula seluruh peserta paham, mulai mempelajari dan menerapkan tentang program Citarum Harum. Lebih penting lagi peserta sadar akan pentingnya gaya hidup sehat,” ujar Wawan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun mengapresiasi event tersebut. Menurutnya meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan merupakan tugas bersama. Karena tidak bisa dipungkiri sampah merupakan salah satu musuh utama pariwisata.

“Environment sustainability atau tourism sustainability menjadi isu global dan menjadi perhatian masyarakat internasional. Dengan itu event-event semacam ini akan terus kami dukung. Sehingga proses penyadaran masyarakat akan semakin cepat,” ujar Menpar Arief Yahya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here