SUMBAWA – Festival Pesona Moyo 2019 kembali menyapa, 10-19 September. Namun, pembukaan dilakukan Minggu (15/9). Tepatnya di Halaman Kantor Bupati Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Jika yang sedang di sana, jangan lupa untuk mengeksplorasi destinasinya.

Kenapa eksplorasi harus dilakukan? Karena Pulau Moyo memiliki alam yang eksotis. Keindahannya mampu memikat pesohor dunia. Beberapa pesohor yang pernah berkunjung seperti, Mick Jagger dan Putri Diana. Sedikitnya ada 6 spot yang bisa dieksplorasi, mulai dari wisata bahari hingga air terjun.

Bupati Sumbawa Husni Djibril mengungkapkan, Pulau Moyo sebagai destinasi wisata menarik.

“Pulau Moyo sangat indah. Bagi wisatawan Festival Pesona Moyo, silahkan eksplorasi juga beragam spot yang ada di sana. Keindahannya itu luar biasa dan sangat menginspirasi. Destinasi-destinasi tersebut juga sangat mudah dijangkau,” ungkap Husni, Sabtu (14/9).

Pulau Moyo sangat kaya akan pantai. Di sana ada Takat Sigale, Pantai Tanjung Pasir, dan Pantai Poto Jarum. Takat Sigale memiliki gundukan pasir yang berwarna pink. Gradasinya pun sangat indah kala beradu dengan air laut. Gundukan pasir ini memiliki tinggi sekitar 2 Meter.

Momentum terbaik untuk menikmatinya adalah pagi dan siang hari. Sebab, kawasan Takat Sigale hanya terlihat ujung gundukan pasirnya saat air pasang. Selain karakter unik tersebut, destinasi ini juga menawarkan panorama bawah laut eksotis. Ada beragam warna warni terumbu karang dan ikan di dalamnya. Airnya jernih menyegarkan, ditambah keindahan sunset.

Husni menambahkan, wisata bahari Pulau Moyo menjadi rekomendasi terbaik.

“Beragam wisata bahari di Pulau Moyo menjadi rekomendasi terbaik. Exeperience wisatawan selama di Festival Pesona Moyo dijamin lengkap. Destinasi ini pun bisa dinikmati setiap saat, bahkan saat festival selesai. Yang jelas, tetap posisikan Sumbawa dan Pulau Moyo sebagai pilihan utama berlibur,” lanjutnya.

Destinasi lainnya adalah Pantai Tanjung Pasir. Destinasi ini menawarkan garis pantai dengan pasir pink-nya. Ada 3 gradasi warna air yang ditawarkan, mulai dari pink hingga kehijauan dan biru. Sama seperti pantai lain, kawasan Tanjung Pasir ini juga menawarkan keindahan bawah airnya.

Pulau Moyo semakin eksotis dengan kehadiran Pantai Poto Jarum. Untuk menikmati Poto Jarum ini bisa diakses langsung melalui Pantai Tanjung Pasir. Perjalanannya sekitar 60 menit dengan memakai kapal nelayan. Begitu sampai ditujuan, karakter khas pantai dengan bebatuan besar terhampar di bibir pantai. Kawasan ini masih alami dan sangat ideal untuk snorkling.

“Sumbawa dengan Pulau Moyo memang memiliki banyak spot menarik. Karena keindahannya, Pulau Moyo menjadi inspirasi sebuah event. Kami yakin, popularitas destinasi di Sumbawa dan Pulau Moyo semakin naik dengan event ini. Bagaimanapun, Festival Pesona Moyo menjadi branding ideal bagi aneka potensi wisata di sana,” terang Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani.

Pulau Moyo juga menawarkan keunikan dari koleksi air terjunnya. Komposisi air terjunnya terdiri dari Mata Jitu, Sengalo, dan Diwu Mbai. Untuk Air Terjun Mata Jitu sering disebut sebagai Queen Waterfall. Sebab, destinasi ini pernah dikunjungi mendiang Putri Diana. Bentuknya unik dengan komposisi bertingkat lengkap dengan kolamnya.

Jernihnya air di sana menyatu dengan warna indah bebatuannya. Untuk mencapai Air Terjun Mata Jitu, wisatawan menjangkaunya dari Desa Ai Bari.

“Pulau Moyo bukan hanya menawarkan garis pantainya. Keindahannya semakin lengkap dengan komposisi air terjunnya. Bahkan, Putri Diana asal dari Kerajaan Inggris dahulu pernah dibuat takjub,” tegas Rizki.

Menggenapi koleksinya, Pulau Moyo pun menawarkan keunikan Air Terjun Diwu Mbai. Lokasinya ada di Labuan Aji dengan karakter bertingkat. Air terjun ini menyatu dengan belantara hutan yang ada di sekitarnya. Beberapa sulur pohonnya bahkan bisa digunakan untuk berayun.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh. Ricky Fauziyani mengatakan, Pulau Moyo pun memiliki beragam adrenalin.

“Saat berada di Pulau Moyo dan mengeksplorasi keindahannya, dijamin adrenalin naik. Sebab, semua spot yang ada di sangatlah indah. Dijamin wisatawan akan betah untuk berlama-lama di sana. Destinasi ini bukan hanya indah, tapi suasananya sangat tenang dan alami,” kata Ricky.

Lalu, bagaimana dengan Air Terjun Sengalo? Destinasi ini sangat instagramable. Air Terun Sengalo jadi konten terbaik untuk media sosial. Menyatu dengan belantara dan rimbunnya pepohonan, Air Terjun Sengalo juga memiliki ‘bathtub’. Kolah besar dari bebatuan alam dengan warna khas tersebut menjadi favorit para wisatawan untuk berendam, bahkan berenang.

“Silahkan datang ke Festival Pesona Moyo. Nikmatilah berbagai keajaiban desinadi di Pulau Moyo dan Sumbawa pada umumnya. Semuanya sangat mengesankan. Alam dan budaya di sana sangat eksotis. Terlebih lagi kulinernya. Ada banyak kuliner khas yang bisa dinikmati dan menjadi menu menarik,” tutup Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya yang juga Menpar Terbaik ASEAN.(****)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here