INDONESIATRAVEL.NEWS, SELATPANJANG – Kemeriahan Festival Cian Cui 2019 bertambah. Karena, event ini menjadi saksi lahirnya GenPI Kepulauan Meranti, Kamis (7/2). Pelantikannya dilakukan di Panggung Seni Perang Air, Selatpanjang, Kepulauan Meranti, Riau. Digabung dengan opening ceremony Festival Cian Cui 2019.

Pelantikan GenPI dihadiri semua stakeholder pariwisata. Ada Bupati Kepulauan Meranti Irwan Nasir, Kasubbid Pemasaran Area II A (Kepri & Riau) Kemenpar Raminah, Ketua GenPI Riau Osvian Putra, dan lainnya.

Bupati Kepulauan Meranti Irwan Nasir mengatakan, kehadiran GenPI akan menguatkan branding pariwisata.

“Kami sudah kukuhkan GenPI Kepulauan Riau. Tentu kehadirannya disambut gembira oleh semua latar belakang. Bagaimanapun, GenPI memiliki fungsi dan posisi penting bagi pariwisata. Kreativitasnya sangat membantu branding pariwisata. Setelah ini, pariwisata Kepulauan Meranti akan semakin kuat,” katanya.

Irwan juga mengajak publik Kepulauan Meranti untuk bergabung dengan GenPI. Sebab, ada banyak manfaat yang bisa didapat. GenPI menawarkan benefit berupa creative values dan commercial values. Dan, mereka bisa mengeksplorasi kreativitas. Caranya melalui artikel, foto, video, juga hasil kreativitas lain. Terpenting mencantumkan aspek atraksi, aksesiblitas, amenitas.

“Menjadi anggota GenPI memang banyak untungnya. Bisa menjadi media pembelajaran sekaligus jadi motor penggerak perekonomain melalui Destinasi Digitalnya. Semoga kehadiran GenPI ini semakin mengangkat pariwisata Kepulauan Meranti sekaligus kesejahteraan ekonominya,” kata Irwan lagi.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan klik genpi.co, bahkan aktivasi keanggotaan bisa dilakukan di sana. Setelah klik genpi.co, carilah kanal ‘Gabung GenPI’ di sisi kanan atas laman. Isi semua formulir data, lalu klik ‘Daftar Sekarang’ atau ‘Submit’. Nantinya Kartu Tanda Anggota (KTA) GenPI akan dibuat secara digital.

“Rekrutmen anggota pasti akan segera dilakukan. Kami siap berkoordinasi dan berkolaborasi dengan rekan-rekan GenPI Kepulauan Meranti. Efektivitas waktu akan dimanfaatkan. Kami semua optimistis bisa berbuat banyak untuk kemajuan pariwisata Kepulauan Meranti dan Riau secara umum,” ujar Ketua GenPI Riau Osvian Putra.

Kehadiran GenPI memang dibutuhkan Kepulauan Meranti. Sebab, performa pariwisata Kepulauan Meranti sangat kompetitif. Beragam event yang digelar, selalu mendapatkan respon positif dari publik. Pada penyelenggaraan Festival Cian Cui 2018, event ini bisa menghadirkan 24.181 wisatawan. Rinciannya, ada 23.587 wisnus dan 594 orang wisman. Untuk wisman datang dari Malaysia, Singapura, Thailand, Australia, dan Tiongkok.

“Kami juga menyambut baik pelantikan GenPI Kepulauan Meranti. Kreativitas mereka pasti luar biasa. Apalagi, para generasi zaman now ini sangat aktif menerapkan konsep ekonomi pengakuan. Karakter itu ada semuanya di GenPI. Jadi sangat tepat GenPI ini hadir di Kepulauan Meranti. Pariwisata di sini pasti akan semakin berkembang,” terang Kepala Dinas Pariwisata Riau Fahmizal Usman.

Ia menambahkan, destinasi digital akan dihadirkan di Kepulauan Meranti. Sebab, Fahmizal menilai ciri khas dari GenPI adalah Destinasi Digital.

“Nanti akan dihadirkan pasar instagramable. Value ekonomi dari destinasi digital ini sangat tinggi. Kehadirannya bisa menjadi penggerak perekonomian masyarakat,” lanjut Fahmizal lagi.

Kehadiran GenPI Kepulauan Meranti disambut positif oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Menpar pun memberikan support.

“Setelah dilantik, GenPI Kepulauan Meranti bisa langsung action. Semua potensi pariwisata bisa diekplorasi dan dibranding. Persiapkan juga rencana pembangunan pasar digital zaman now. Sebab, ini potensial untuk menaikan perekonomian lokal,” tutup Menpar.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here