JAKARTA – Keindahan bawah laut Indonesia susah untuk dibantah. Buktinya, Indonesia terpilih menjadi the winner (peringkat 1) Best Destination versi DIVE Travel Award 2019 berdasarkan pilihan pembaca.

Penghargaan ini jelas tidak sembarangan. Karena divemagazine.co.uk merupakan referensi para diver dunia.

Buat Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Wayan Giri Adnyani penghargaan dari Dive mempertegas kekayaan bahari nusantara.

“Sebagai negara bahari, Indonesia memiliki banyak sekali spot diving dan snorkling. Lokasi tersebar daei Aceh sampai Papua. Jadi sangat tepat jika Indonesia mendapat penghargaan. Karena mempertegas status Indonesia sebagai negara bahari,” tutur Giri Adnyani, Sabtu, 16 November 2019.

Sejak DIVE meluncurkan Travel Awards-nya, Indonesia kerap menjadi pemenang. Indonesia mendominasi sebagai destinasi terbaik dan resor serta liveaboards, juga kategori lainnya. Kepulauan yang luas ini menawarkan serangkaian penyelaman yang luar biasa.

Dive menyebut spot-spot diving terbaik di Indonesia. Spot tersebut adalah Raja Ampat di Papua Barat. Spot ini disebut memiliki keanekaragaman hayati terbanyak di planet ini. Kemudian Bunaken dan Selat Lembeh di Sulawesi Utara, juga Wakatobi di Sulawesi Tenggara. Berikutnya ada Gili Trawangan di Lombok, Ambon, dan tentunya Bali.

“Status sebagai destinasi terbaik tentu membuat kita lebih mudah merayu wisatawan mancanegara untuk hadir. Khususnya pecinta diving. Karena referensi yang kita dapat adalah kelas dunia,” kata Giri Adnyani lagi.

Di bawah Indonesia ada Mesir yang memiliki Laut Merah, kemudian Meksiko, Papua Nugini, Curacao, Palau, Maldives, Filipina, Kepulauan Solomon, dan Galapagos.(***)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here