JAKARTA – Menteri Pariwisata Arief Yahya mengisi Seminar Nasional Pariwisata 2019 yang digelar IKA DIM FEB Universitas Padjajaran (Unpad). Temanya Wonderful Indonesia Digital Tourism 4.0. Acara digelar di Balairung Soesilo Sudarman, Gedung Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (9/9).

Menpar Arief Yahya mengatakan, digital tourism merupakan salah satu strategi efektif. Khususnya untuk mempromosikan potensi unggulan suatu daerah melalui platform berbasis teknologi dengan target generasi milenial.

“Perilaku wisatawan yang datang ke Indonesia untuk look, book, and pay sudah dilakukan secara digital. Gaya hidup ini mengubah strategi dari konvensional menjadi go digital,” kata Menpar Arief Yahya.

Menurutnya, 50% inbound pariwisata Indonesia merupakan generasi milenial. Oleh sebab itu generasi milenial merupakan target utama pariwisata Indonesia.

“Generasi milenial wajib menguasai pasar, baik pasar saat ini atau pasar masa depan. Selain itu generasi milenial juga harus open minded dengan digital karena kuncinya the more digital, the more global, sehingga dituntut lebih interaktif, mobile, dan personal,” tutur Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya menyebut, gangguan digital terjadi di industri 3T, yakni telekomunikasi, transportasi, dan turisme. Karena industri pariwisata, cepat atau lambat akan menghadapi perubahan yang revolusioner, sehingga industri pariwisata harus mengikuti perubahan.

“Revolusi teknologi digital ini tidak bisa dihindari, pasti terjadi. Secara alamiah akan mengubah dunia, menciptakan model bisnis baru, jadi pelaku industri yang tidak mau berubah dengan platform digital, pasti akan ditinggalkan customer,” jelas Menpar Arief Yahya.

Pria asal Banyuwangi ini mencontohkan, di transportasi terjadi ketika bertemu dengan digital, seperti Grab, Gojek dan Uber. Dengan munculnya digital transportation, harga pasar langsung berubah total, harga drop drastis.

Begitupun di telekomunikasi, semakin murah, semakin gratis, akan semakin untung. Karena itu WhatsApp (WA), Google, Baidu, Line mengirimkan pesan gratis, tidak berbayar.

Sementara, revolusi ketiga adalah tourism. Ini yang paling diwanti-wanti Arief Yahya agar industri pariwisata Indonesia waspada. Menurutnya, bila travel agent tidak bisa mengikuti perubahan zaman, dikhawatirkan akan bernasib sama seperti warung telekomunikasi (wartel), terbunuh dengan sendirinya.

“Travel agent konvensional akan sulit bersaing dengan online travel Agent, seperti Traveloka, Booking.com, TripAdvisor, Ctrip, dan lainnya,” sebutnya.

Dalam presentasinya dijelaskan, salah satu rahasia mengapa growth wisman Indonesia termasuk 20 besar dunia, atau naik hingga 25%? Di saat regional ASEAN dan dunia hanya naik rata-rata 6%. Dia mengaku semua disebabkan digital tourism yang diterapkannya.

Meski demikian, lanjut Menpar, setiap perubahan selalu menyisakan pro dan kontra. Tapi ia berprinsip jangan ragu dengan perubahan.

“Kita mungkin kehilangan sesuatu yang baik, namun akan peroleh sesuatu yang lebih baik lagi. Oleh karena itu, selama hampir 5 tahun ini, Saya memilih evolusi dipercepat, dalam bertransformasi menuju Digital Tourism 4.0,” kata Menpar Arief Yahya.

Sementara, Pelaksana Tugas (Plt) Rektor Unpad, Rina Indiastuti mengatakan, kampusnya sangat mendukung pengembangan pariwisata berbasis digital. Berikut juga menghadirkan SDM berkualitas.

“Kita sangat mendukung digital tourism. Unpad memiliki program S2 Sustainable Tourism. Ada juga program studi D4 Bisnis Perjalanan Wisata. Dan kita akan menggulirkan prodi Pariwisata Bahari. Ini bukti keseriusan Unpad. kita tidak main-main. Kita mendukung SDM pariwisata dikembangkan secara serius dan pariwisata bisa menjadi tulang punggung perekonomian kita,” kata Rina.

Dalam seminar ini, juga diisi Menteri Komunikasi dan Indormasi Rudiantara. Selain itu, juga menghadirkan narasumber lainnya yang kompeten. Seperti Sarita Aoetedja (Deputy Director Up Normal), Hendry Rusli (CEO Travelio), Gaery Undarsa (Co Founder & CMO Tiket.com), dan Gabriella P Mandolang (Ketua Tim Percepatan Milenial Tourism).(****)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here