LAMONGAN – Selama ini, Lamongan dikenal karena kulinernya yang sangat memanjakan lidah. Padahal, kota di Jawa Timur ini juga menyimpan destinasi yang keindahannya luar biasa. Kalau tidak percaya, datang saja ke Lamongan saat #PesonaMudik2019.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga mengajak para wisatawan dan pemudik untuk mampi ke sejumlah destinasi di Lamongan.

“Kalau datang ke Lamongan, jangan hanya menikmati kulinernya saja. Lengkapi juga pengalaman kalian dengan mengunjungi destinasinya. Karena, Lamongan memiliki sejumlah destinasi yang ciamik,” papar Menpar, Senin (27/5).

Buat kalian yang belum tahu apa saja yang ada di Lamongan, berikut 10 destinasi Lamongan yang bisa menjadi pilihan

1. Tlogo Sadang

Kalau kalian mencari lokasi yang instagramable di Lamongan, Tlogo Sadang adalah jawabannya. Tlogo Sadang, alias Telaga Sadang, adalah wisata alam yang baru ramai dikunjungi di awal tahun 2017.

Tlogo Sadang awalnya adalah tambang batu kapur. Namun, keindahannya mau tak mau membuat orang datang dan mengabadikannya lewat foto.

2. Wisata Edukasi Gondang Outbond

Buat wisatawan yang ingin mendapatkan destinasi yang memadukan konsep wisata dan pendidikan (Edu-toursm), pilihannya adalah Wisata Edukasi Gondang Outbond (WEGO). Tempat ini memiliki motto Pendidikan, Tantangan dan Inspirasi. WEGO sangat tepat untuk wisatawan yang datang bersama keluarga besar dan membawa anak-anak.

3. Wisata Bahari Lamongan

Wisata Bahari Lamongan (WBL) terletak di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Tempat wisata ini dibuka sejak 14 November 2004.

Beberapa wahana unggulan tempat wisata ini antara lain Istana Bawah Laut, Gua Insectarium, Space Shuttle, Anjungan Wali Songo, Texas City, Paus Dangdut, Tembak Ikan, Rumah Kaca, serta Istana Bajak Laut.

4. Maharani Zoo & Goa

Destinasi di Jalan Daendels, Paciran, sangat populer di Lamongan. Karena sudah ada sejak tahun 1994. Dahulu, namanya Goa Istana Maharani. Andalannya adalah keindahan stalaktit dan stalagmit.

Namun, sejak 2008 nama destinasi berganti menjadi Maharani Zoo. Yang disajikan pun lebih beragam. Ada wahana konservasi dan edukasi serta budaya yang terangkum dalam nuansa etnik Afrika. Fasilitas yang ditawarkan meliputi taman satwa atau kebun binatang. Koleksinya seperti orang utan, beruang madu, wallaby, jerapah, singa putih dan harimau putih serta masih banyak lagi.

5. Istana Gunung Mas 27 Mantup

Inilah keunggulan pariwisata. Bekas tambang kapur di Lamongan pun disulap menjadi destinasi. Lokasi yang awalnya tandus, gersang dan panas, kini berubah menjadi ramai. Apalagi setelah bekas tambang kapur itu dikenal sebagai destinasi wisata Gunung Mas. Kalian yang ingin membuktikan keindahan tempat ini, datang saja ke selatan Lamongan. Tepatnya, di Desa Tugu, Kecamatan Mantup.

Gunung Mas sendiri sebenarnya berupa rumah tinggal dari kayu yang dipercantik dengan nuansa Jawa dan China. Warna merah menjadi ciri khas setiap bangunan yang ada di kawasan ini.

6. Pemandian Air Panas Brumbung

Wisata Lamongan semakin lengkap dengan hadirnya wisata alam pemandian Air Panas Brumbung. Atau, yang dikenal dengan sebutan Air Panas Brumbun. Destinasi ini memang tidak seterkenal Goa Maharani ataupun Wisata Bahari Lamongan (WBL).

Tapi Air Panas Brumbung tetap layak dikunjungai. Karena, lokasinya yang masih asri. Pemandian Air Panas Brumbung ini berada di Dusun Tepanas, Desa Kranji, Kecamatan Paciran.

7. Waduk Gondang

Waduk Gondang adalah sebuah waduk yang ada di Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Waduk Gondang dibangun dengan membendung Sungai Gondang. Secara administrasi Waduk Gondang mencangkup dua kecamatan. Sebagian besar masuk wilayah Kecamatan Sugio meliputi Desa Gondang Lor, Desa Deketagung, Desa Kalitengah, Desa Daliwangun dan sebagian kecil Desa Sidorejo.
Untuk menuju lokasi ini selain dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi dapat juga menggunakan angkutan umum dari Lamongan menuju Gondang.

8. Pantai Kutang

Namanya aneh, unik, lucu, dan tidak biasa. Tapi pentai ini cukup favorit di Lamongan. Pantai Kutang berada di Desa Labuhan. Atau masuk di Kecamatan Labuhan, Lamongan. Tempat ini berlokasi di perairan laut Jawa. Uniknya, pantai unik ini memiliki ombak yang kecil. Tidak seperti pantai-pantai lain di perairan laut selatan.

9. Pantai Klayar

Salah satu pantai yang cukup menarik perhatian di Lamongan. Pantai ini juga menjadi lokasi favorit buat keluarga yang ingin menikmati liburan di tepi laut. Tidak susah mencarinya. Cukup datang ke Desa Klayarmas, Paciran, Lamongan.

Pantai ini memiliki hamparan pasir berwarna kecoklatan. Beberapa bagiannya ditumbuhi bunga-bunga berwarna-warni tersebut.

10. Pantai Brondong

Pantai Brondong berada di pelabuhan Paciran. Kamu bisa menikmati pemandangan yang sangat indah terutama saat sore ketika matahari akan terbenam. Jika kamu ingin mencari ikan segar, tempat ini pun menyediakan beberapa kios penjual hasil laut tangkapan nelayan. Kamu yang ingin ke pantai ini, bisa datang ke Desa Brondong, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here