INDONESIATRAVEL.NEWS– Tidak terlalu sulit mencari spot spesial bagi para pemudik di Ciamis, Jawa Barat. Pasalnya Ciamis memiliki segudang pesona yang menjanjikan. Bukan saja destinasi wisatanya, beragam kulinernya pun mampu menggoyang lidah.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun mengakui #PesonaMudik2018 di Ciamis sungguh luar biasa. Pesona destinasinya bersanding manis dengan #PesonaKulinerLebaran2018 yang dimiliki Ciamis.

“Kuliner Sunda itu sangat khas dan selalu menjadi pilihan banyak wisatawan. Ini yang membedakannya. Apalagi dengan suasana Tanah Parahyangannyang begitu indah menambah nikmat kuliner di Ciamis,” kata Menpar Arief Yahya, Senin (4/6).

Anda penasaran ada tempat kuliner apa saja di Ciamis? Berikut #10TopPesonaKulinerLebaranCiamis yang mampu menggoyang lidah Anda.

1. Rumah Makan Jeruk

sekitar 400 meter dari tanjakan Cibeka Anda juga akan menjumpai rumah makan yang sangat terkenal. Bangunannya memang sederhana, tapi pengunjungnya sampai antre untuk mencicipi sedapnya Pepes Ikan yg menjadi Menu andalannya.

Pemilik Warung Jeruk juga tetap mempertahankan interior bangunannya yang hanya terbuat dari bilik bambu. Tak hanya Pepes Ikan yg menjadi incaran pengunjung, Ada juga Sambal dan Lalapan lainnya.

2. Zorojoy

Tempat Makan ini terletak di daerah Perumahan Kertasari Ciamis. Tempatnya jauh dari hirup pikuk keramaian kota. Suasana pesawahan dan kolam ikan yg mengelilinginya menambah nikmati berwisata kuliner di restoran ini.

Menu Spesial dari Zorojoy adalah bakar ikan. Namun ada lagi menu lainnya yg tak kalah nikmat. Ada Tempe Mendoan, Oseng kangkung atau Genjer, pencok leunca, Karedok, Sup Gunung Ikan Gurame, Gurame Asam Manis dan lain-lain.

3. Rumah Makan Ampera

Terletak di Kawasan Alun-alun Ciamis, Rumah Makan ini sangat terkenal. Rumah Makan Ampera terletak tepat di depan Samping Taman Raflesia/Alun-alun Ciamis. menyajikan makanan khas sunda.

4. Mie Bakso Agah H. Oding

Yang suka mie bakso jangan lupa mampir ke Mie Bakso Agah H. Oding. Tempatnya berada di pertigaan Condong Ciamis atau dekat LP Ciamis. Pokoknya kalau pulang dari Pangandaran, kalian pasti melewati tempat ini.

5. Rumah Makan Restuna

Rumah Makan ini sangat friendly, sangat cocok untuk tempat kumpul bersama keluarga. Rumah makan ini terletak di Jl. Imbanagara, Ciamis.
Menu yang disajikan juga lengkap. Ada Pepes Ayam & Ikan, Ayam & Gurame Bakar/Goreng, Tutut Sawah, Genjer, Sayur Jengkol. Soal minumannya pun tak kalah menariknya. Ada Jus Duren, Jus Alpukat dan lain-lain.

6. Nasi TO (Tutug Oncom)

Perjalanan kuliner Anda selanjutnya adalah ke warung nasi TO (Tutug Oncom) di depan SMP 2 Ciamis, atau 500 meter sebelah timur Polres Ciamis. Menu andalannya adalah nasi TO spesial ayam goreng.
Rasanya juara. Pas menjadi santap siang anda.

7. Mie Ayam Baso Mang Endut, Cisaga

Salah satu yang jarang disenggol oleh pecinta kuliner Banjar Ciamis di dunia online adalah Mie Ayam Baso Mang Endut. Berlokasi di kios terminal angkot Cisaga.

Mie Ayam Baso Mang Endut merupakan salah satu yang terlezat di Cisaga. Kuahnya segar dengan bakso yang kenyal. Jam buka Mie Ayam Baso Mang Endut adalah dari jam 09.00 sampai jam 15.00.

8. Rumah Makan Saung Mirah

Rumah Makan Saung Mirah ini bisa menjadi pilihan untuk tempat beristirahat ketika Anda mudik. Rumah makan yang kental suasana Sunda ini terletak di Jalan Raya Ciamis-Banjar. Tepatnya di Desa Cijeungjing Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis.

Letaknya yang tepat tepi jalan raya dan tepi sawah ini membuat suasana yang berbeda. Parkiran yang memadai dan bentuk bangunan yang panggung menambah kental suasana Sundanya.

Menu khususnya masakan Sunda dengan harga yang terjangkau. Berbagai jenis pepes siap disajikan di Saung Mirah. Dari mulai pepes ikan, daging ayam, tahu sampai dengan pepes luker dan pepes telur lebah ada disini.

9. Selawly Bar

Selawly Bar mempunyai menu andalan yang harus Anda coba kalau berkunjung ke sini. Nama menunya ‘Selawboratory Drink’ yang harganya cuman Rp. 12.000. Dan ‘Milkshake’ menjadi minuman favorit lainnya di tempat yang satu ini.

Selain dua menu utama yang sudah disebutkan tadi, masih banyak lagi menu lain yang ditawarkan. Selain itu, Anda juga bisa booking tempat makan ini untuk ajang berkumpul bareng seperti reuni, dan lain-lain.
Selawly Bar berlokasi di Jln. Veteran Kawali No.31 (Gedung KGK Kawali), Ciamis.

10. Chili And Cheers Cafe

Tempat ini juga gak kalah asik dengan Selawly Bar. Chili And Cheers Cafe sering ngadain event foto kreatif yang berhadiah voucher makan gratis. Tempat makan di sini luas kok, jadi gak perlu khawatir kalau Anda mau ngajak sahabat untung makan di sini. Soal menu makanan tempat ini juga gak kalah enak, guys.

Chili And Cheers Cafe berlokasi Jl. Raya Lumbung, Awiluar, Lumbung, Kabupaten Ciamis, deket toko kadu manis. Jika Anda yang berada di Rajadesa, silahkan mampir di cabangnya yang berlokasi di Depan lapangan Wirabaya Rajadesa, Ciamis.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here