TOMOHON – Event Tomohon International Flower Festival 2019 menghadirkan nama Blessy Easter Sara Tangel sebagai Ratu Bunga Tomohon 2019. Blessy berhasil menyisihkan 15 finalis lainnya. Grand Final Pemilihan Ratu Bunga Tomohon 2019 digelar di Grand Linow Resto, Danau Linow, Tomohon, Jumat (9/8) malam.

Sejak awal, Blessy tampil sangat cantik dan elegan. Ia dan 15 finalis lainnya mengawali penampilan dengan berlenggak-lenggok menggunakan baju kebaya. Blessy Tangel yang bernomor urut 11, tampil dengan balutan warna merah.

Babak ini dilalui Blessy dengan mulus. Ia melaju ke babak 5 besar. Di babak ini, ke-5 finalis tampil dengan gaun malam. Mereka juga mendapatkan pertanyaan dari juri kehormatan, Menteri Pariwisata Arief Yahya. Dengan penuh percaya diri, Blessy menjawab pertanyaan menggunakan bahasa Inggris.

Berbekal kecantikan, kepintaran, serta pengetahuannya, Blessy kemudian dinobatkan sebagai juara. Mahkota disematkan Putri Pariwisata 2018 Gabriella Patricia Mandolang.

Walikota Tomohon Jimmy Feidi Eman, berharap juara Ratu Bunga bisa menjadi duta pariwisata buat Kota Tomohon.

“Kita berharap Ratu Bunga bisa memperkenalkan pariwisata Tomohon. Tidak hanya sekadar ajang adu gengsi yang kemudian menghilang. Ratu Bunga harus sejalan dengan semangat untuk memajukan sektor pariwisata Tomohon,” paparnya.

Walikota Jimmy menambahkan, Tomohon saat ini sedang membangun sektor pariwisata. Mulai dari pembangunan infrastruktur, sumber daya manusia (SDM). Menurutnya, Tomohon dianugerahi dengan banyaknya destinasi, juga budaya.

“Oleh karena itu, Pemerintah Kota Tomohon sangat serius menggarap sektor pariwisata. Kita pun mengajak stakeholder terkait untuk sama-sama membangun sektor ini. Dan Ratu Bunga kita harapkan menjadi bagian dari hal itu,” paparnya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani, mengatakan Tomohon sudah membuktikan diri mampu menggelar event yang berkualitas.

“Pemilihan Ratu Bunga dan Tomohon International Flower Festval membuktikan jika Tomohon siap menjadikan pariwisata sebagai sektor utama. Atraksi ini sangat menarik perhatian. Dan bisa dikemas dengan sangat baik. Tomohon memiliki modal yang bagus. Terlebih lagi mereka memiliki alam yang indah dan nyaman. Sangat layak dijuluki sebagai Kota Bunga,” ujar Rizki, diamini Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh. Ricky Fauziyani.

Sementara Ketua Tim Pelaksana Calendar of Event Kemenpar Esthy Reko Astuty mengatakan rangkaian kegiatan di Tomohon International Flower Festival 2019 sangat semarak.

“Pelaksanaan TIFF tahun ini memang semarak. Karena agendanya sangat banyak. Sangat padat. Semuanya juga dikemas dengan sangat menarik. Seperti kontes pemilihan Ratu Bunga. Tomohon patut bangga memiliki generasi millennial yang sangat peduli dengan pariwisata daerah,” papar Esthy yang menjadi juri Grand Final Ratu Bunga 2019.

Sementara Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan kontes Ratu Bunga membuat Tomohon International Flower Festival 2019 menjadi dekat dengan millennial.

“Hal yang membuat TIFF 2019 semakin dekat dengan millennial adalah Ratu Bunga. Dari event ini, para millennial akan semakin dekat dengan pariwisata. Dan itu yang dibutuhkan. Karena, millennial adalah generasi masa depan pariwisata. Inbound dari traveller millennial sangat tinggi. Makanya harus kita rangkul,” paparnya.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here