INDONESIATRAVEL.NEWS, MAGELANG – Daftar co-branding pariwisata Indonesia semakin panjang di tahun 2018. Kini Bank Rakat Indonesia (BRI) resmi melaunching Kartu Kredit BRI Wonderful Indonesia di Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Rabu (18/4). Kartu kredit ini jadi pionir bagi segmentasi kaum milenial traveller. Sekaligus, sinyal kuat realisasi digitalisasi transaksi di sektor pariwisata Indonesia.

Eksotisnya 10 Destinasi Prioritas Indonesia memang luar biasa. Setelah terpampang di berbagai brand minuman hingga moda transportasi, kini eksotisnya destinasi pariwisata menempel dalam kartu kredit. Menjadi keluarga besar Wonderful Indonesia, BRI mengeluarkan 4 seri kartu kredit dengan desain eksotisme alam. Ada desain keindahan Candi Borobudur, Bromo, Mandalika, hingga Danau Toba. Direktur Konsumer BRI Handayani menjelaskan, co-branding ini eksklusif.

“Wonderful Indonesia ini brand yang sangat besar. Pariwisata saat ini juga memberikan pengaruh positif bagi pariwisata Indonesia karena menggerakan ekonomi. BRI juga satu-satunya bank yang co-branding dengan Wonderful Indonesia dan ini menjadi kontrak eksklusif selamanya. Untuk desain, 4 destinasi itu terbaik meski kami ingin melengkapi semuanya,” tutur Handayani, Rabu (18/4).

Menjadi bagian dari co-branding, BRI memasang target 25.000 nasabah pengguna kartu kredit untuk tahun ini. Ada banyak kemudahan yang ditawarkan oleh BRI bagi pengguna Kartu Kredit BRI Wonderful Indonesia. Mulai dari diskon harga untuk aktivitas traveling hingga beragam transaksi belanja. Selain itu, BRI juga memberikan warna berbeda dari experience yang ditawarkan kepada para punggunanya.

“Ada banyak kemudahan bertransaksi dengan menggunakan Kartu Kredit BRI Wonderful Indonesia. Ada potongan harga yang sangat menarik, selain experience tentunya. Pengguna kartu ini juga akan mendapatkan banyak kemudahan dari BRI. Yang jelas, kami memiliki target market pengguna kartu ini yang cukup besar,” terangnya.

Masuknya BRI sebagai co-branding tentu menjadi energi tersendiri. Ketua II Co-Branding Kemenpar Priantono Rudito menjelaskan, Wonderful Indonesia memiliki performa yang menjanjikan. Saat ini, pariwisata Indonesia juga sudah jadi core perekonomian Indonesia. “Kartu kredit ini menjadi inisiatif bersama. Dipilihnya Wonderful Indonesia ini sangat ideal karena performa dan prestasinya luar biasa bagus,” jelasnya.

Sepanjang 2018, Wonderful Indonesia memiliki target 100 co-branding. Dari total target besar tersebut, sudah terealisasi sebanyak 51 brand termasuk BRI dengan Kartu Kredit BRI Wonderful Indonesia. Namun, jumlah itu menggelembung di atas 100 brand bila MoU mnjadi parameternya. Priantono menerangkan, ada banyak perusahaan dan brand besar yang memiliki keinginan menjadi co-branding bagi Wonderful Indonesia.

“Wonderful Indonesia dan BRI sama-sama brand besar. Ini sangat ideal, apalagi profil mereka sangat ideal dan tepat jadi co-branding. Secara konsep pilihan transaksi menggunakan Kartu Kredit BRI Wonderful Indonesia juga menjadi sebuah kebutuhan. Selain BRI, saat ini ada brand yang siap bergabung dan jumlahnya lebih dari 100. Yang jelas, Kemenpar butuh dukungan dari pihak lain untuk mengembangkan pariwisata,” tutur Priantono lagi.

Konsep pentahelix memang terus dikembangkan Kemenpar. Menjadi bagian dari formulasi tersebut, sinergi positif pun terus dibangun bersama kolega. Ada dari kalangan akademisi, bisnis, komunitas, juga media. Priantono mengatakan lagi, BRI jeli membaca pasar yang mengandalkan digital, diisi generasi milenial, juga consumer behavior. “Ini kartu kredit pertama yang diposisikan bagi milenial traveller. Mereka itu punya karakter dan suka look, book, baru pay,” katanya.

Kebijakan co-branding sangat menguntungkan bagi semua pihak. Sebab, memiliki jangkauan pasar yang luas dalam hal promosi. Kekuatan menjadi lebih besar dan.solid karena dua kekuatan digabungkan. Aktivitas branding juga menjadi efektif karena dua pemilik massa bertemu. Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kemenpar Esthy Reko Astuti pun menjelaskan, bergabungnya BRI membuat solid pariwisata Indonesia.

“Pariwisata Indonesia semakin solid. Yang jelas, masuknya BRI ini positif. Sebab, kami terus mengembangkan konsep digitalisasi termasuk dalam transaksinya. Kondisi ini semakin memudahkan mobilitas wisatawan. Dengan menjadi co-branding dari Wonderful Indonesia, space promosi BRI pun semakin luas. Sebab, kami memiliki banyak sekali calendar of event,” katanya.

Bergabungnya BRI sebagai co-branding pun langsung mendapatkan apresiasi Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Menpar pun mengatakan, keputusan co-branding denganWonderful Indonesia menjadi pilihan tepat. “Kami memberikan apresiasi atas kerjasama ini. Pilihan BRI melakuka co-branding dengan Wonderful Indonesia sudah sangat tepat. Sebab, performa pariwisata ke depannya sangat bagus,” tutupnya.

Pada acara launching ini, BRI juga memberikan penghargaan bagi wanita terbaik di Indonesia. BRI Srikandi Award 2018 ini pun diberikan dalam lima kategori. Untuk kategori Socioreneur diberikan kepada Helianti Hilman. Kategori UMKM menjadi milik Sunani, lalu Lingkungan Hidup jatuh kepada Tri Mumpuni. Untuk kategori terakhir yaitu Olahraga pun disematkan kepada atlet wushu Lindswell Kwok. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here