INDONESIATRAVEL.NEWS, JAKARTA – Sekitar 2000 peserta bakal meramaikan BRI Mandeh Run 2019, awal Maret nanti. Event ini tidak hanya dimeriahkan pelari mancanegara, tetapi juga sejumlah atlet dalam negeri, termasuk Seleb Runner seperti Ibnu Jamil dan Melissa Karim. Pada sesi hiburan, akan pula ditampilkan pedangdung Cita Citata.

BRI Mandeh Run 2019 akan digelar di kawasan Outdoor Amphitheatre, di Kanagarian Sungai Nyalo Mudiak Aia, Kecamatan Koto XI Tarusan. Selain diprakarsai oleh Karambia Runners dan BRI Runners Chapter Padang, kegiatan ini juga didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata.

“BRI Mandeh Run 2019 akan menjadi acara besar. Terlebih, Kemenpar mendukung penuh kegiatan ini. Kita tahu, sport tourism telah menjadi industri pariwisata dengan perkembangan yang sangat signifikan di seluruh dunia,” ujar Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizky Handayani, Jmat (8/2).

Menurutnya, salah satu segmen industri pariwisata yang paling cepat berkembang adalah perjalanan yang berkaitan dengan olahraga dan aktivitas fisik. Secara umum, ada tiga kategori yang luas dari sport tourism. Yaitu menonton acara olahraga, mengunjungi tempat-tempat terkait olahraga, dan partisipasi aktif.

Asdep Bidang Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati menambahkan, selain untuk mempopulerkan gerakan hidup sehat, ajang lari ini juga bertujuan menampilkan keindahan alam di Kawasan Wisata Mandeh yang sering juga disebut sebagai “The Hidden Paradise”.

“Partisipan akan berkompetisi di kategori lari 5K dengan usia minimal 9 tahun, 10K dengan usia minimal 13 tahun, serta 21K Nasional dan Internasional dengan usia minimal 17 tahun. Para pelari akan memperebutkan hadiah total hingga Rp400 juta,” bebernya.

Kabid Pemasaran area I Kemenpar Ida Fahmiwati menyatakan, Mandeh sendiri merupakan kawasan wisata di Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat, yang diresmikan Presiden jokowi pada tahun 2015 silam. Saat itu, Jokowi bahkan menyatakan Mandeh adalah Raja Ampat-nya Sumatera Barat. Tempat ini diyakini mampu jadi penggerak ekonomi daerah.

“BRI Mandeh Run 2019 jelas akan memberi dampak positif bagi daerah ini. Pariwisata makin berkembang, dan Mandeh pun semakin dikenal wisatawan secara luas. Sejalan dengan itu, sektor ekonomi pasti akan menanjak,” tegasnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut, sport tourism telah menjadi pasar yang menguntungkan. Sebagai penggerak ekonomi, sektor ini berkembang dan pengelola akan mulai memanfaatkan area ini. Ia berharap BRI Mandeh Run 2019 akan mendapat liputan dan meia value yang besar sehinga Mandeh akan terpromosikan lebih luas.

“Sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Mandeh mengandalkan wisata bahari sebagai keunggulannya. Saya yakin, hadirnya BRI Mandeh Run 2019 sangat efektif untuk mempromosikan daerah ini,” tandasnya.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here