SURABAYA – Majapahit International Travel Fair (MITF) 2019 dijamin meriah. Apalagi berbagai daerah di Indonesia juga dipastikan mengikuti pameran tersebut. Bahkan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) juga memboyong 3 provinsi di Sulawesi untuk berpartisipasi di dalamnya.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh. Ricky Fauziyani. Menurut Ricky, event yang digelar pada 2 – 5 Mei 2019, di Grand City Convex, Surabaya itu menjadi wadah yang baik untuk memasarkan potensi wisata Sulawesi.

“Kita melibatkan Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah Dan Sulawesi Barat untuk ikut berpromosi di ajang MITF 2019. Ini merupakan ajang yang tepat untuk dapat menjaring wisatawan. Apalagi MITF merupakan pameran pariwisata terbesar di Timur Indonesia,” ujar Ricky, Selasa (30/4).

Untuk itu dapat dipastikan, ketiga perwakilan Sulawesi itu akan tampil all out. Tampil bersama, booth mereka pun di desain begitu atraktif dengan menonjolkan bentuk kapal Pinisi.

Pemilihan ikon Pinisi juga bukan tanpa sebab. Pinisi merupakan ikon dar Sulawesi. Ikon ini pun telah telah mendunia. Pinisi selalu bercokol gagah disetiap branding Wonderful Indonesia di dunia internasional. Karena itu, desain ini pun menjadikan booth tim Sulawesi akan tampil menonjol. Selain itu juga mempertegas jika Sulawesi merupakan jawaranya wisata bahari.

“Untuk Sulsel nanti akan diwakili oleh Dispar Kota Makassar, Vita Holiday Indonesia, Alfa Prima, serta Dewi Wisata Tour & Travel. Sulteng akan di wakili oleh Dispar Provinsi Sulteng, AgTa Mandiri Travel & Tours, dan Kadidiri Paradise Resort & Dive. Sedangkan Sulbar akan diwakili oleh Dispar Kabupaten Mamasa, Sulbar,” papar Ricky.

Sementara itu Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani pun mengajak traveler untuk menyambangi booth Sulawesi. Karena berbagai paket terbaik telah disiapkan untuk memanjakan traveler. Soal harga sudah pasti terbaik, dan pastinya berbanding lurus dengan pengalaman yang akan didapatkan wisatawan.

“Silahkan datang dang kunjungi booth Sulawesi di MITF 2019. Temukan berbagai paket terbaik di sana. Dan yang pasti kita juga siapkan merchandise keren untuk para wisatawan,” ucap Rizki.

Bagi Menteri Pariwisata Arief Yahya, MITF memang harus dimaksimalkan oleh berbagai daerah di Indonesia. Karena ajang ini dapat menjadi tempat yang pas dalam menjaring wisatawan. Bukan hanya wisatawan domestik tetapi juga wisatawan mancanegara. Apalagi Surabaya saat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

“Ini merupakan ajang yang sangat potensial. Pergerakan wisatawan domestik juga harus diperhatikan. Nilainya bagus dan selalu berkembang setiap tahunnya. Lagi pula banyak destinasi di Sulawesi yang indah dan tidak kalah dari daerah lainnya. Ini harus dimaksimalkan,” ujar Menpar Arief.

Apresiasi pun dilontarkan Ketua Pelaksana Calender of Event 2019 Kemenpar Esthy Reko Astuti. Baginya sangat pas jika Sulawesi juga ikut di ajang MITF 2019. Dengan keikut sertaan ini dipastikan berbagai potensi yang dimiliki Sulawesi akan semakin terbuka.

“Kalau saya tidak pernah ragu dengan potensi pariwisata Sulawesi, terutama surga baharinya. Sudah pasti Sulawesi yang terbaik. Jadi jangan lupa untuk menyambangi booth Sulawesi di MITF 2019,” pungkas Esthy. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here