www.INDONESIATRAVEL.NEWS, BATAM – Event Nongsa Regatta 2019 tidak hanya menawarkan lomba layar. Kota Batam, Kepulauan Riau, memiliki banyak hal yang bisa dieksplorasi. Baik dari sisi alam, budaya, kuliner, belanja, juga spa. Kalian yang sedang menyaksikan event Nongsa Regatta, ada baiknya mengunjungi sejumlah destinasi berikut.

“Sport tourism sangat efektif untuk menarik kunjungan wisman. Sejauh ini progressnya sangat positif. Kami akan berupaya untuk membesarkan Nongsa Regatta. Event tahun depan harus meriah, baik itu peserta juga penyelenggaraannya. Hal ini bagus untuk pariwisata Batam yang banyak memiliki destinasi luar biasa,” ujar Panitia Pelaksana Nongsa Regatta 2019 Prakash Reddy, Sabtu (26/1).

Nongsa Regatta 2019 sudah dimulai hari Jumat (25/1). Event ini berlangsung hingga Minggu (27/1). Selama event banyak hal yang ditawarkan Batam.

Menurut Asdep Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati, Batam adalah destinasi terbaik.

“Ada banyak destinasi terbaik yang dimiliki Batam. Pantainya indah dan budayanya luar biasa. Konten seperti ini tentu akan memuaskan peserta Nongsa Regatta yang didominasi peserta mancanegara,” ungkap Dessy.

Dijelaskannya, waktu untuk menikmati keindahan dan keragaman Batam sangat panjang. Kesempatan ini tidak boleh terlewatkan begitu saja. Karena, semua yang terbaik ada di Batam.

Ada beberapa destinasi wajib dikunjungi. Seperti Pulau Ranoh. Lokasinya di Pulau Abang, Galang. Pasir pantainya bersih, airnya jernih, plus coral warna warni yang indah. Ada juga Pantai Tanjung Pinggir. Destinasi ini memiliki banyak spot foto lengkap dengan rumah hobbit.

Bila ingin menikmati sunset di atas pasir putih, maka Pulau Mubut spotnya. Pulau ini berada di Galang, Batam. Untuk ekplorasi keindahan bawah laut, wisatawan bisa berkunjung ke Pulau Abang. Lokasi pulau ini ada di Galang dengan paket tur mulai Rp350 Ribu. Di Pulau Abang, para wisatawan bisa snorkling sambil menikmati clown fish dan beragam terumbu karang.

Selain garis pantai, Batam juga menawarkan petualangan lain. Seperti Batam Forest Top. Ada 15 wahana yang bisa dicoba, seperti Tarzan Swing, Post Man, Tandem Rope, hingga Flying Fox. Ada juga Taman Wisata Habibie 1000 Tangga, Tebing Langit, Bukit Tanjung Uma, Sea Forest Adventure, juga Pancur Telaga Bidadari.

“Destinasi nuansa alam dan buatan di Batam sangat kuat. Wisatawan juga bisa menikmati sisi budaya yang dimiliki Batam. Pulau ini kaya dengan tradisi yang turun temurun dan dilestarikan,” kata Dessy.

Batam juga memiliki beragam budaya. Ada Tari Melemang yang dibawakan 14 penari. Perannya raja, permaisuri, putri kerajaan, pemain musik, penyanyi, dan penari. Tarian lainnya itu Zapin yang jadi cermin pengaruh kuat Buada Arab.

Kabid Pemasaran Area II Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Trindiana M Tikupasang menjelaskan, kuliner Batam luar biasa.

“Alam dan budaya Batam ini bagus. Jangan lupakan juga kekuatan kulinernya. Cita rasanya nikmat. Ada beragam kuliner yang disajikan dengan harga yang ramah. Kuliner ini juga bisa dibawa sebagai oleh-oleh dari Nongsa Regatta 2019,” jelas Trindiana.

Melengkapi aktivitas santai, jangan lupa menikmati kulinernya. Batam menyediakan Gonggong, Mie Lendir, Nasi Lemak, Sup Ikan, Kapis, Prata, Mie Tarempa, juga Teh Tarik. Cendera mata Batam yang bisa dibawa pulang seperti, Coklat Rocklate, Bingka Bakar Nay@dam, Kek Pisang Villa, Layers Batam Lamoist, Luti Gendang, Bilis Molen, juga Teh Bunga Rosella.

Batam juga menawarkan konsep wisata belanja terbaik. Aktivitas ini bisa dilakukan di Nagoya Hill Shopping Mall. Ada beragam ritel, elektronik, hingga restoran. Wisata Belanja juga bsia dilakukan di Batam City Center Square, Diamond City Mall, Mega Mall Shopping Center, juga Kampung Oleh-Oleh.

“Produk-produk yang ditawarkan Batam semuanya berkualitas. Ada banyak branded yang ditawarkan dengan harga miring. Kota Batam ini memang sudah sejak lama dikenal sebagai destinasi wisata terbaik di Indonesia,” terang Trindiana lagi.

Bila sudah puas mengekplorasi beragam destinasi, ada beragam spot spa yang menjadi rekomendasi Nongsa Regatta 2019. Sebut saja Majesty Spa & Massage Batam, Eska Wellness Spa Massage and Salon, Spa Tempat Senang, atau Kalea Spa. Rekomendasi juga datang dari Spa Central Batam, Kamaya Spa, Vienna Spa and Massage, Spa Central Batam, juga Spa Tea Tree.

“Semua destinasi yang terbaik ada di Batam. Ada banyak aktivitas yang bisa dijalankan di Kota Batam ini. Yang jelas semuanya bisa nikmati oleh peserta Nongsa Regatta. Suasana ini juga bisa dinikmati setiap saat. Jadi, silahkan datang lagi lain waktu. Jangan lupa sebarkan sisi menarik dari Batam tersebut,” tutup Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here