INDONESIATRAVEL.NEWS– Pameran seni kontemporer ArtJog 2018 resmi bergulir, Jumat (4/5). Kalo kamu belum sempat menghadiri pembukaan, jangan khawatir. Event yang berlangsung untuk ke-11 kalinya ini akan berlangsung hingga 4 Juni nanti. Lokasinya di Jogja National Museum.

Pecinta seni wajib hadir di ArtJog. Sebab, acaranya dijamin seru. Ada segudang pertunjukan seni setiap harinya. Semua masuk dalam program Daily Performance di ArtJog 2018. Akan ada 83 penampil dengan berbagai bentuk kesenian. Dari mulai seni musik, seni pertunjukan, teater, hingga seni tari. Belum lagi pameran seni kontemporernya. Total, 54 seniman terlibat pada gelaran akbar ini. Bahkan 9 diantaranya adalah seniman internasional dari 6 negara.

“Jogja itu kan gudangnya seniman. Ya kota seni dan budaya lah. Makanya kita terus mendorong seniman-seniman Jogja untuk mengeksplorasi karyanya. Begitu juga dengan ArtJog yang mempunyai konsistensi tinggi dalam seni. Maka selayaknya kita dorong terus,” kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Daerah Istimewa Yogyakarta, Aris Riyanta, Selasa (1/5) lalu.

Yup! Selain terkenal sebagai kota gudeg dan kota pelajar, Jogja juga terkenal dengan kota seni dan budaya. Julukan ini tidak berlebihan. Banyak seniman-seniman besar yang berasal dari Jogja. Mulai dari Bagong Kusdiarjo, Amri Yahya, Andang Suprihadi, Joko Pekik, hingga Angger Sukisno. Bahkan Affandi sang maestro lukis Indonesia pun memilih Jogja sebagai tempat mengeksplorasi karyanya.

“Selain bertabur seniman, Jogja juga sering sekali mengadakan festival-festival tentang seni dan budaya seperti ArtJog ini. Selain itu, banyak sanggar budaya yang tersebar di seluruh Jogja. Ini semakin menguatkan Jogja sebagai daerah seni dan budaya,” tambah Aris.

Bila penasaran, tapi tidak mempunyai cuti yang lama, Anda bisa datang ke Jogja di akhir pekan kedua bulan Mei. Karena pada hari Kamis (10/5), ada hari libur nasional. Anda tinggal mengambil cuti di hari Jumat.

“Kalau mau cuti dua hari sampai hari Senin malah lebih baik. Jadi bisa sekalian mampir berwisata ke Candi Prambanan dan Ratu Boko. Kan sayang terbang jauh-jauh, tapi nggak mampir lihat sunrise dan sunset dari candi-candi ini. Atau setidaknya mengunjungi Jalan Malioboro, Keraton dan Taman Sari biar trip Jogjanya klop,” ajak Aris.

Yang mau hunting wisata kekinian di Jogja juga bisa. Pilihannya banyak. Mau ke pantai? Ada puluhan pantai keren di Gunung Kidul. Mau wisata alam atau air terjun? Tinggal menuju Kulon Progo. Ada banyak penjelajahan seru di sana.

Yang mau offroad, tinggal arahkan langkah ke Tebing Breksi. Offroad dengan mobil jeep atau merasakan sensasi trabas dengan motor trail sama menantangnya. Atau mau narsis berselfie ria, bisa datang ke Taman Bunga Matahari, Kebun Buah Mangunan, Tebing Breksi, semua ada. Tinggal pilih mau spot selfie yang seperti apa. “Pasti banyak yang seru. Ini Jogja! Kota seribu wisata. Destinasi yang lagi hits sangat banyak di Jogja,” ucapnya.

Hal ini juga diamini oleh Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural Esthy Reko Astuti. Menurutnya Jogja itu paket lengkap pariwisata. Mau mencari liburan model apa pun ada di Jogja. Layaknya sebuah taman rekreasi, Jogja menawarkan beragam atraksi yang tak berkesudahan. Selalu istimewa. Selalu bikin kangen.

“Faktanya, Jogja adalah daerah yang ramah dan nyaman untuk liburan. Banyak tokoh dunia yang sudah mampir di sana. Dari mulai Barrrack Obama sampai pendiri Facebook Mark Zuckerberg, sudah pernah menapakkan kaki di Jogja. Akomodasi seperti hotel dan transportasi pun lengkap. Biaya wisatanya? Dijamin murah meriah. Sangat terjangkau untuk semua kalangan, dari kelas bawah, menengah hingga atas,” ujar Esthy yang juga Ketua Tim Pelaksana Calendar of Event (CoE) 2018 Kemenpar.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun tersenyum sumringah ketika di tanya tentang Jogja. Menurutnya Jogja itu seperti Bali-nya Pulau Jawa. Kulturnya sangat kental. Alamnya pun luar biasa.

“Atraksinya? Sudahlah saya tidak perlu berbusa-busa, sudah pasti keren. Budayanya kuat, alamnya bagus, kulinernya wow, seni pertunjukan juga selalu ada, konsisten. Amenitasnya sudah lengkap, mau penginapan kaki lima sampai hotel bintang lima ada di sana. Aksesnya juga mudah. Apa lagi jika airport yang baru dengan landasan yang panjang sudah terbangun. Jadi silakan ke Jogja. Saya jamin Anda bakal happy,” ujar Menpar Arief Yahya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here