SUMBAR – Festival Pesona Minangkabau segera meramaikan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, 4-8 Desember 2019. Total ada 16 atraksi budaya yang akan digelar. Termasuk rencana pemecahan rekor MURI.

16 Atraksi budaya yang akan digelar, di antaranya pawai budaya Minangkabau, arakan jamba, makan bajamba, dan Pagaruyung Ekspo. Ada juga pagelaran seni spesifik Minangkabau, melayu Malaysia, Riau, dan Bengkulu, serta atraksi Pacu Jawi.

Menurut Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenparekraf Dessy Ruhati, deretan atraksi itu adalah menu utama festival.

“Festival Pesona Minangkabau sudah siap digelar. Banyak atraksi yang akan ditampilkan. Dan dijamin bisa memuaskan wisatawan. Sebab, sangat kental dengan budaya Minangkabau,” papar Dessy Ruhati, Selasa (3/12).

Salah satu atraksi yang harus ditunggu adalah rencana pemecahan rekor Muri penampilan talempong pacik terbanyak. Talempong adalah alat musik pukul tradisional khas Minangkabau.

Rencananya, aksi pemecahan rekor MURI talempong pacik di festival tersebut akan menyertakan generasi milenial.

“Sangat luar biasa sekali jika generasi milenial bisa terlibat dalam pemecahan rekor itu. Sebab, bisa turut memperkenalkan dan melestarikan nilai budaya pada generasi muda,” tuturnya.

Sebelumnya, Festival Pesona Minangkabau juga telah memecahkan rekor MURI arak-arakan jamba terbanyak. Melibatkan 1.111 jamba dari 75 nagari se Kabupaten Tanah Datar plus 4.000 gelas kopi kawa daun dipamerkan kala itu.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenparekraf Rizki Handayani mengacungkan jempol untuk pelaksanaan event ini.

“Budaya Minangkabau sangat terkenal di Indonesia. Oleh sebab itu, kita mendukung event yang bisa melestarikan budaya tersebut. Termasuk Festival Pesona Minangkabau ini. Mungkin event ini menjadi event budaya Minangkabau terbesar di Sumatera Barat dan Indonesia. Kalau ingin melihat keindahannya, datang saja ke Tanah Datar,” tutur Rizki.(***)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here