INDONESIATRAVEL.NEWS–Batam terus menggali potensi pariwisata yang dimilikinya. Aksi terbaru akan digelar 8 April nanti. Yaitu Batam Menari 2018. Event di Bundaran BP Batam ini, akan diikuti 16.000 orang.

Acara Batam Menari 2018 dijamin keren. Pasalnya kegiatan ini dilakukan untuk memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) serta dunia.

“BP Batam akan menggelar Batam Menari dengan menampilkan 16 ribu penari yang akan membawakan Tari Rampai Batam. Tujuannya, jelas untuk memberikan atraksi yang spektakuler untuk menjaring wisatawan ke Batam. Batam Menari pasti keren,” kata Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo, Senin (19/3).

Tari Rampai Batam bukan tari sembarangan. Tarian yang akan dibawakan kolosal tersebut merupakan karya dari seniman besar Guruh Soekarno Putra. Terdapat empat unsur etnis yang dihadirkan dalam tarian.

Yakni Melayu, Minang, Batak, dan China. Semuanya dirangkai menjadi satu koreografi tarian nan indah. Dan menunjukkan keselarasan serta persatuan dalam kehidupan masyarakat.

“Kami tidak ingin main-main menggelar acara ini. Untuk itu koreografi tarian ini kami serahkan langsung ke seniman besar Guruh Soekarno Putra. Hasilnya sangat luar biasa,” kata Lukita.

Bukan hanya itu. Serangkaian acara pendukung pun dihadirkan. Ada bazar kuliner dan pameran UMKM yang ikut disajikan. Pembukaannya diramaikan oleh penyanyi dangdut Zaskia Gothik serta band Wali. Ivan Gunawan diplot sebagai MC-nya.

“Nanti juga ada pesta kembang api sebagai penutupnya. Pokoknya ini menjadi pesta rakyat,” kata Lukita.

Antusiasme pun di tunjukkan masyarakat Batam. Ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang mendaftar di www.batammenari.com. Tercatat, hingga saat ini sudah 2.640 mendaftar untuk berpartisipasi dalam event tersebut. Selain itu peserta juga datang dari karyawan BP Batam sebanyak 3.000 orang. Lalu ditambah lagi 4.000 pelajar SMA se-Batam.

“Kami optimis target 16 ribu penari akan tercapai. Jadi jangan sampai ketinggalan. Silahkan datang ke Batam,” pungkas Lukita.

Komitmen besar BP Batam dalam memajukan pariwisata Batam memang sudah tidak diragukan lagi. Dan hingga saat ini, sudah sangat banyak event terselenggara dengan baik dan berhasil mendatangkan sejumlah wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Sebut saja event International Culture Carnival dan kegiatan tahunan Barelang Marathon. Kedua event ini sukses menarik perhatian wisatawan mancanegara dari berbagai negara.

Uniknya, untuk penyelenggaraan beragam event ini, BP Batam ternyata tidak perlu mengeluarkan banyak anggaran, termasuk juga Event Batam Menari.

“Kami tidak mengeluarkan uang banyak menggelar event. Karena 70-80 persen merupakan uang sponsor dari barbagai kalangan. Bahkan untuk Batam Menari sudah ada 8 sponsor dari Jakarta dan 140 pengusaha Batam yang ikut berpartisipasi,” pungkas Lukita.

Apresiasi diberikan Menteri Pariwisata Arief Yahya atas rencana tersebut. Tanpa ragu ia memberikan 2 jempol untuk Batam Menari. Menurut Menpar Batam Menari mempunya standar yang baik.

Hal ini dibuktikan dengan dilibatkannya Seniman Nasional Guruh Soekarno Putra sebagai koreografer tariannya. Disamping itu commercial Value-nya juga besar dengan menggandeng pihak swasta sebagai sponsornya.

“Ini luar biasa. BP Batam bergerak memajukan pariwisata Batam. Eventnya pun keren dan berstandar internasional. Dengan melibatkan seniman besar. Sehingga cultural values dan commercial Values tercapai. Ini bisa menjadi contoh event yang dilaksanakan dengan baik,” kata Menpar Arief Yahya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here