INDONESIATRAVEL.NEWS–Sebagai salah stau destinasi prioritas, promosi Danau Toba semakin gencar. Salah satunya melalui Festival Pasir Putih 2018. Event ini akan digelar Sabtu (31/3). Lokasinya di Pantai Pasir Putih Situngkir, Samosir, Sumatera Utara.

Kepala Dinas Pariwisata Samosir, Ombang Siboro menjelaskan, event ini ditargetkan mampu menghadirkan 1.000 wisatawan mancanegara (Wisman). Sedangkan 5.000 wisatawan nusantara ditargetkan mengunjungi Pulau Samosir saat festival berlangsung.

“Kami baru saja melaksanakan acara Tonggo Raja. Yakni pertemuan dengan para tokoh masyarakat dan raja adat dari lima desa Kawasan Pasir Putih Parbaba. Pertemuan ini dalam rangka menggalang dukungan masyarakat menjelang penyelenggaraan Festival Pasir Putih,” kata Kepala Dinas Samosir Ombang Siboro, Jumat (30/3).

Ombong mengungkapkan, Festival Pasir Putih adalah rangkaian Horas Samosir Fiesta 2018. Kegiatan itu terdiri beberapa rangkaian acara. Seperti Manguras Tao, kirab budaya, tortor partutuaek kolosal, lomba tradisional air serta hiburan rakyat lainnya.

Ditambahkannya, acara Manguras Tao merupakan praktik pembersihan dan repurifikasi secara simbolik. Yaitu untuk menghormati lingkungan Danau Toba. Tampilannya ritual dan budaya lokal.

“Seluruh persiapan untuk menghadapi dan menyukseskan acara tersebut sudah berjalan 70 persen. Saya optimis seluruh rangkaian acara dapat berjalan lancar dan sukses,” katanya.

Ombang Siboro juga menyebut seluruh stakeholder pariwisata di Samosir siap mensukseskan acara. Mulai dari personel Polres Samosir, Sat Intel Samosir, Dinas Lingkungan Hidup, Diskominfo, Dinas Pendidikan, Dinas Perhubungan, kepala sekolah, Satpol PP. Dan tentunya lima kepala desa di Pasir Putih selaku tuan rumah.

Selain itu juga lokasi Pantai Indah Situngkir sudah dibenahi menggunakan alat berat melalui kerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU). Pembenahan dilakukan untuk memastikan permukaan pantai yang rata demi kenyamanan pengunjung pada Festival Pasir Putih 2018.

Dia berharap agar seluruh pihak terkait semakin sinkron supaya nantinya even ini sukses demi kemajuan pariwisata Samosir dalam jangka panjang. ”Jangan lupa saksikan Festival Pasir Putih 2018, ajak sanak saudara, teman, keluarga, pacar dan seluruh kerabat pada hari Sabtu (31/3) mendatang,” ajak Ombang.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, beragamnya kegiatan tahunan di Samosir kian membuktikan bahwa pariwisata Indonesia memiliki banyak warna untuk wisatawan.

“Saat wisatawan datang ke suatu tempat dan memiliki banyak agenda pariwisata, maka itu menjadi cara untuk membuat wisatawan semakin betah dan ingin balik lagi. Kekuatan ini harus dilakukan dengan memberikan promosi sebanyak-banyaknya,” tutupnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here