Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

INDONESIATRAVEL.NEWS//SUMUT – Para insan pertanian di Provinsi Sumatera Utara bersiap melaksanakan kegiatan Training of Trainers (ToT) Teknologi Berbasis Climate Smart Agriculture (CSA) yang merupakan bagian dari kegiatan proyek SIMURP. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan petani.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, mengatakan Kementerian Pertanian akan memberikan dukungan untuk kegiatan yang mampu meningkatkan produktivitas.

“Karena tuntutan kita saat ini adalah meningkatkan produktivitas pertanian. Untuk itu, kita akan dukung kegiatan untuk meningkatkan produksi dan menjaga ketahanan pangan. Hal ini sekaligus sebagai antisipasi jika terjadi krisis pangan akibat kekeringan,” tuturnya, Rabu (15/07/2020).

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan, Climate Smart Agriculture (CSA) adalah bagian dari kegiatan SIMURP.

“Tujuannya agar pertanian cerdas menghadapi iklim. Harapannya tentu untuk meningkatkan produktivitas yang dampaknya adalah kesejahteraan petani. Kita ingin petani dan penyuluh di Sumatera Utara, khususnya Kabupaten Deliserdang dan Kabupaten Serdang Bedagai, serius mengikutinya agar pertanian bisa terjaga produktivitasnya,” tuturnya.

Persiapan pelaksanaan TOT di Provinsi Sumut telah diwujudkan dengan rapat persiapan, Selasa (14/07/2020) di ruang Aula Dinas TPH Provinsi Sumatera Utara. Rapat dipimpin oleh Kepala Bidang Penyuluhan Dinas TPH Provinsi Sumatera Utara, Taufik Batubara.

Peserta terdiri dari Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Deliserdang dan Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Serdang Bedagai, Kasie Kelembagaan dan Kasie Penyelenggaraan, KJF Dinas TPH Provinsi Sumatera Utara, Tim TOM (fasilitator), dan Koordinator BPP di 2 kabupaten lokasi proyek SIMURP.

“Pelaksanaan TOT berbasis CSA di Provinsi Sumut akan dilaksanakan 21-24 Juli 2020 di UPT Pelatihan Dinas TPH Provinsi Sumatera Utara dengan metode pertemuan. Selama 2 hari, peserta mendapatkan pelajaran teori di kelas dan melaksanakan praktek lapangan di BPP Beringin Kabupaten Deli Serdang dan BPP Pematang Sijonam Kabupaten Serdang Bedagai. Peserta TOT berjumlah 38 orang (1 angkatan),” kata Taufik.

Menurutnya, kegiatan TOT diharapkan dapat meningkatkan kapasitas SDM petugas atau peserta TOT dalam pelaksanaan kegiatan proyek SIMURP. serta mampu mempersiapkan peserta, pelatih atau narasumber, fasilitator pelatihanToF.

Kegiatan CSA bertujuan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas, meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan petani dalam penerapan pertanian cerdas iklim, mengurangi resiko gagal panen, mengurangi efek gas rumah kaca dan meningkatkan pendapatan petani di Daerah Irigasi (DI) Proyek SIMURP. (SD/NF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here